SOLOPOS.COM - Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Polresta Solo telah menyiapkan sistem pengamanan penyelenggaraan turnamen sepak bola Piala Presiden 2022 yang akan dibuka di Stadion Manahan Solo, Sabtu (11/6/2022).

Sebanyak 850 personel gabungan akan dikerahkan untuk memastikan pertandingan sepak bola tingkat nasional tersebut berlangsung aman, tertib, dan nyaman. Hal itu disampaikan Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, di Mapolresta Solo, kepada wartawan, Kamis (9/6/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kekuatan yang kami siapkan, gabungan Polri, TNI, dan Pemkot Solo, 850 personel, diterjunkan untuk amankan semua pertandingan di Stadion Manahan. Koordinasi sudah kami lakukan dengan panpel maupun beberapa koordinator suporter yang akan bertanding,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ade menjelaskan pengamanan pertandingan Piala Presiden 2022 dilakukan untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan Kamseltibcarlantas. Ia menambahkan ada tiga kesebelasan yang menjadi prioritas pengamanan karena potensi kehadiran para suporter mereka.

Pengamanan pertandingan tidak hanya di lingkungan Stadion Manahan, melainkan dibagi dalam beberapa ring. Ring pertama meliputi kawasan stadion dengan akan ada penjagaan atau pengamanan di lingkungan running way di dalam stadion itu.

Baca Juga: Ketat Lur! Ini Syarat Menonton Pertandingan Piala Presiden 2022 di Solo

Potensi Gangguan

Ring kedua di dalam kawasan Stadion Manahan, ring ketiga di luar pagar yang akan dilapisi petugas pengamanan. Sedangkan ring keempat menjadi tugas tim yang bergerak memonitor antisipasi segala kemungkinan yang bisa mengganggu Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas.

“Di Stadion Manahan kami akan tempatkan personel dengan tiga lapis pengamanan pintu yang akan digunakan. Pertama ketika akan menuju dalam stadion ada empat pintu. Lapis kedua juga ada empat pintu. Baru ring berikutnya dan 12 pintu yang menuju tribune,” paparnya.

Menurut Ade, dalam pengamanan Piala Presiden 2022, Polresta Solo sudah berkoordinasi dengan panpel pertandingan terkait penempatan suporter tamu maupun tuan rumah. Antisipasi akan dilakukan untuk menghilangkan sekecil mungkin potensi-potensi gangguan selama pertandingan berlangsung di stadion.

Baca Juga: Piala Presiden 2022 di Manahan Solo Dapat Dihadiri 15.000 Penonton

“Di setiap pintu itu nanti akan kami tempatkan personel gabungan untuk melaksanakan razia atau pemeriksaan terhadap para penonton yang hadir, di antaranya akan kami lakukan penggeledahan barang bawaan. Sebab tak semua barang bisa dibawa masuk,” katanya.

Barang-barang yang tidak boleh dibawa masuk ke stadion seperti minuman keras dan lampu laser. Suporter atau penonton yang dalam kondisi mabuk dalam pengaruh minuman keras juga tidak dibolehkan masuk stadion. Sebab hal itu bisa mengganggu pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya