SOLOPOS.COM - Masjid Agung At Taqwa Wonogiri. (Istimewa/Twitter Visit Wonogiri@wblackhat)

Solopos.com, WONOGIRIMasjid Agung At Taqwa terletak di pusat kota, tepatnya berada di Jl. KH Ahmad Dahlan, Sabggrahan, Giripurwo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Masjid megah tersebut diharapkan bisa menjadi pusat pengembangan agama di wilayah setempat.

Dilansir dari laman jateng.kemenag.go.id, Sabtu (1/10/2022), masjid ini di bangun Pemerintah Pura Mangkunegaran sebelum kemerdekaan Republik Indonesia (RI), tepatnya tanggal 27 September 1927.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pembangunan saat itu menelan anggaran senilai 1.000 gulden (mata uang belanda). Bangunan masjid ini memiliki 2 lantai lengkap dengan menara serta memiliki tanah dengan luas 3.600 m2.

Hal itu diungkapkan Kasi Bimas Islam Kemenag Wonogiri, Hidayat Masykur, saat menghadiri pelantikan dan pengukuhan Pengurus Masjid Agung At Taqwa Wonogiri Periode 2018-2023, Sabtu (11/8/2018).

Hidayat Masykur menyampaikan bahwa masjid At Taqwa merupakan masjid agung yang merupakan salah satu simbol bersejarah di Kabupaten Wonogiri. Diharapkan, keberadaan masjid dapat menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah, membina iman, taqwa dan sebagai pemersatu masyarakat di Kabupaten Wonogiri.

Baca Juga: Sejarah Masjid Tiban Wonokerso Wonogiri, Model Awal Pembangunan Masjid Demak

“Masjid Agung At Taqwa bisa dijadikan pemersatu rakyat sebab lantunan azannya yang mampu bersanding dengan bunyi lonceng gereja untuk memberitahu umatnya agar segera menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut. Maksudnya, kita bisa memaknai kehadiran Masjid ini memiliki arti penting dalam menanamkan sikap saling menghormati antarpemeluk agama serta hidup tenteram dalam harmonisasi yang didasari prinsip Bhinneka Tunggal Ika, sikap kebangsaan dan rasa kebersamaan,” kata Hidayat Masykur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya