SOLOPOS.COM - Ibu Negara Iriana bersama putrinya Kahiyang Ayu melepas penutup tuwuhan dalam prosesi sebelum siraman di kediamannya di Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022). (Solopos.com/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO–Tak hanya Keluarga Presiden, sejumlah menteri bertugas menyirami calon manten Kaesang Pangarep di kediaman Presiden Jokowi, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022).

Menurut susunan acara yang diterima Solopos.com, ada tujuh pasangan yang melakukan siraman kepada calon manten Kaesang yang merupakan keluarga Presiden Jokowi serta menteri, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md bersama istri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selanjutnya ada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan beserta istri, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama suami; Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto bersama istri.

Kemudian dari keluarga ada Idong Setyo Husodo bersama atas nama istri; Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda; Muhammad Bobby Afif Nasution bersama Kahiyang Ayu; dan Jokowi serta istri.

Baca Juga: Momen Cucu Presiden Jokowi Mengikuti Siraman Kaesang

Adapun tiga pembawa acara tradisi siraman calon manten lanang, masing-masing Umiyatsih bertugas pada awal prosesi, Taufik M. Widodo bertugas pada acara inti siraman, dan Sari Nugroho Jati pada ramah tamah.

Wartawan hanya bisa melihat proses awal berupa melengkapi tuwuhan berupa pisang di kanan dan kiri pintu masuk rumah oleh Presiden Jokowi dengan Ibu Negara iriana Jokowi. Prosesi selanjutnya memasang bleketepe. Selanjutnya prosesi inti dilakukan tertutup untuk keluarga serta kerabat dekat Presiden.

Taufik menjelaskan Presiden Jokowi serta Ibu Negara Iriana Jokowi menjadi pasangan yang menyiram paling akhir. Perbedaan siraman calon manten putri dilakukan oleh tujuh perempuan. Siraman calon manten lanang dilakukan oleh pasangan.

“Habis nyiram kasih air wudu dari kendi, Mas Kaesang wudu. Habis itu kendi dipecah. Maknanya mecah nalaring anak,” kata dia kepada Solopos.com.

Sebelumnya, Cucu Presiden Jokowi, Sedah Mirah Nasution, sempat menyapa wartawan sebelum tradisi siraman calon manten Kaesang Pangarep dimulai di kediaman Presiden Jokowi.

Baca Juga: Modern-Elegan Jadi Tema Suvenir Penikahan Kaesang-Erina

Pantauan Solopos.com, Sedah mengenakain pakaian kebaya dengan jarit. Dia melambaikan tangan di hadapan wartawan. Selanjutnya dia masuk ke ruangan untuk tradisi siraman calon manten Kaesang.

Sedah merupakan anak pertama dari Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution. Keluarga Jokowi tampak mengenakan pakaian kebaya serta beskap dengan warna merah jambu.

Kondisi lalu lintas Jl Letjen Suprapto, Solo sekitar pukul 07.00 WIB, lancar meskipun ada kegiatan tradisi siraman di kediaman Presiden Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022) pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya