SOLOPOS.COM - Ilustrasi bantuan sembako. (Antara)

Solopos.com, KLATEN — Para Ketua RT/RW di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bakal dimasukkan sebagai penerima bantuan jaring pengaman sosial (JPS) kabupaten berupa paket sembako. Bantuan itu diberikan sebagai apresiasi terhadap kinerja ketua RT/RW yang dinilai aktif membantu penanganan Covid-19 di Klaten.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan selama ini ketua RT/RW berperan besar dalam penanangan Covid-19. Salah satu peran yakni membantu melakukan pendataan warga terdampak pandemi Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Peran RT/RW ini cukup kuat membantu gugus tugas kabupaten. Sementara, kondisi Covid-19 ini sampai kapan belum bisa ditentukan. Mereka [ketua RT/RW] juga harus mendapatkan perhatian. Ini [bantuan paket sembako] bukan upah atau uang lelah bagi mereka. ini sebagai penghargaan kepada para ketua RT/RW agar tambah semangat,” kata Mulyani saat ditemui Solopos.com di Kecamatan Kemalang, Klaten, Minggu (19/7/2020).

Hasil Survei Indikator: Jika Pilpres Digelar Sekarang, Ganjar Pranowo Menang

Sri Mulyani menuturkan dalam penyaluran bantuan paket sembako bagi warga terdampak Covid-19 di Klaten, sebagian ketua RT/RW belum dimasukkan sebagai penerima salah satu bantuan yang digulirkan dari pemerintah.

"Sebenarnya mereka layak mendapatkan. Namun, agar tidak menimbulkan kecemburan akhirnya oleh desa tidak diusulkan," jelas dia.

Penyaluran

Bantuan paket sembako melalui program JPS kabupaten sudah digulirkan memasuki tahap II. Para untuk ketua RT/RW di Klaten itu mulai mendapatkan bantuan paket sembako pada tahap III yang direncanakan disalurkan pada Agustus mendatang.

Mereka bakal mendapatkan bantuan serupa pada tahap selanjutnya menyesuaikan bergulirnya bantuan dampak Covid-19 yang digulirkan pemerintah pusat.

"Kalau JPS kabupaten kami mengikuti apa yang menjadi kebijakan di pusat. Kalau BLT dan BST diperpanjang hinga tiga kali, otomatis JPS kabupaten ikut diperpanjang tiga kali," jelas dia.

Hiii...Banyak Ular Keluar Saat Pohon-Pohon di Tanggul Sungai Situri Sukoharjo Ditebang

Hanya saja, sang bupati Klaten mengatakan ada kriteria tertentu RT/RW yang bisa mendapatkan bantuan paket sembako. Ketua RT/RW yang berstatus sebagai ASN, anggota TNI/polri, pensiunan, atau perangkat desa tak bisa mendapatkan bantuan itu.

"Untuk jumlah total ketua RT/RW di Klaten antara 8.000-9.000 orang," tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya