SOLOPOS.COM - Cawali Solo Gibran Rakabuning Raka ditemani sang istri, Selvi Ananda tiba di TPS 022 Manahan, Banjarsari, Rabu (9/12/2020) pukul 08.38 WIB. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, terus mempersiapkan diri menjelang pelantikan sebagai Wali Kota Solo menggantikan FX Hadi Rudyatmo.

Salah satunya Gibran sudah mempelajari jadwal kegiatan harian politikus kawakan Kota Bengawan itu, termasuk kebiasaan bangun paginya. “Saya sudah berkoordinasi dengan Bagian Umum Pemkot Solo. Saya tanyakan bagaimana kebiasaan Pak Rudy,” ujar Gibran seusai menghadiri peringatan Hari Pers Nasional di Monumen Pers Solo, Selasa (9/2/2021) pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepada awak media Gibran menyatakan akan meniru kebiasaan dan kegiatan positif yang sudah dijalankan Rudy selama ini. “Beliau bangun jam berapa, mulai menerima tamu jam berapa, berangkat jam berapa. Itu yang nanti coba saya tiru. Saya sudah lihat jadwal beliau, mulai menemui tamu pukul 06.00 WIB, berangkat pukul 07.00 WIB,” urainya.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga:Walah, Peresmian Flyover Purwosari Solo Ditunda

Gibran mengaku sudah menyatakan agar jadwal kegiatan Rudy tetap berlaku pada saat ia menjadi Wali Kota Solo nanti. Termasuk kegiatan Mider Praja yang selama ini rutin dilakukan Rudy bersama jajaran pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

Kegiatan tersebut Gibran akui sangat positif dampaknya untuk membangun komunikasi yang baik dengan warga. “Kegiatan itu kan positif. Kebiasaan-kebiasaan baik Pak Rudy akan saya lanjutkan. Tapi bentuknya apa nanti saja setelah dilantik. Bisa datang langsung, bisa virtual juga seperti saat masa kampanye kemarin,” katanya.

Menebus Ijazah

Kegiatan lain Rudy yang akan Gibran lanjutkan yaitu menebus ijazah sekolah bagi siswa tidak mampu. Masyarakat Solo ia minta tak khawatir karena kegiatan-kegiatan Rudy yang memang baik untuk masyarakat akan ia lanjutkan.

Baca Juga: PT KAI Terbitkan Gapeka 2021: Jadwal KA Berubah, Waktu Tempuh Lebih Singkat

Lebih jauh Gibran menyatakan akan fokus pada program perbaikan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19 pada masa-masa awal kepemimpinannya sebagai Wali Kota Solo. Ia menaruh perhatian besar terhadap program vaksinasi Covid-19 pemerintah yang saat ini sedang berjalan.

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 bakal menjadi game changer dalam kondisi pandemi di Tanah Air. Apalagi vaksin sudah ada yang untuk kelompok orang lanjut usia (lansia). “Alhamdulillah vaksin untuk warga lansia sudah ada. Jadi bisa fokus untuk kegiatan produktif, seperti pasar, pedagangnya kan banyak yang sepuh-sepuh. Jadi harus dapat prioritas,” paparnya

Sedangkan ihwal agenda pelantikan sebagai Wali Kota Solo, Gibran mengaku belum tahu pasti kapan. Tapi menurut informasi yang ia peroleh, kemungkinan pelantikannya akhir Februari 2021. Sembari menunggu agenda pelantikan, ia masih aktif dalam kegiatan sosial kemanusiaan membagikan sembako untuk warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya