SOLOPOS.COM - Rini S Bon Bon saat tampil di kanal Youtube Cumicumi pada 2013. (Tangkapan layar Youtube Cumicumi)

Solopos.com, SOLO-Sebelum meninggal dunia, Rini S Bon Bon sudah lama mengidap diabetes mellitus tipe 2,  namun belum diketahui apakah penyakit itu jadi penyebab kematian pemilik nama asli Irni Yusnita tersebut. Kabar duka tersebut kali pertama dibagikan oleh pelawak sekaligus pesinetron Qubil melalui pesan singkat.

“Innalillahi wa inna illaihi rojiun. Ya Allah Ya Robb. Satu lagi engkau panggil Sahabat Baik kami ‘Rini S Bon Bon’ sekitar jam 17 tadi sore.  Ampuni segala khilaf dan dosanya. Terimalah amal ibadahnya, jadikan Quburnya taman dari pada taman SyurgaMU. Tempatkanlah di Syurga FirdausMU. Alfateha,” tulis Qubil seperti dikutip dari Antara pada Senin (11/7/2022).

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Meski belum diketahui secara pasti penyebab kematian Rini S Bon Bon, namun diketahui komedian tersebut mengidap diabetes sejak lama. Jenazah sang komedian tersebut dimakamkan di TPU Kawi-kawi, Johar Baru, Jakarta Pusat pada Senin pagi.

Baca Juga: Meninggal Dunia, Komedian Rini S Bon Bon Dimakamkan Hari Ini

Tepatnya pada 1996 awal Irni Yusnita atau Rini S Bon Bon menderita penyakit diabetes. Dari pengakuannya, penyakit tersebut diturunkan sang ayah, Suhadi. Rini S Bon Bon sempat hampir diamputasi kaki kirinya gara-gara penyakit ini. Awalnya, pemilik nama asli Irni Yusnita mengalami lecet gara-gara memakai sepatu terlalu sempit.

Dari lecet tersebut, kakinya mengelembung. Rini kemudian memecahkan gelembung di kakinya dengan peniti. Bukan membaik, kaki tersebut membusuk dan hampir saja diamputasi oleh pihak rumah sakit.

“Saya berpikir kalo sampai saya kehilangan kaki, secara mental saya pasti sudah…waktu itu saya udah sempat stoke, jantung saya tinggal 50 persen, gula darah 600, paru2 saya terendam air. [Di atas kertas] tidak ada umur saya,” bebernya dikutip dari kanal Youtube Cumicumi pada Senin (11/7/2022).

Baca Juga: Ketahui Bahaya Komorbid Diabetes Seperti Dorce Gamalama pada Covid-19

Sementara salah satu keponakan Rini, Bayu, membenarkan bahwa tantenya itu mengidap diabetes sejak lama. “Alhamdulillah proses berpulang mudah sekali. Kalo diabetes nggak bisa sembuh, hanya pola hidup Tante Rini selama ini tu luar biasa banget. Jadi untuk kambuh atau tidaknya itu tergantung dari bagaimana Tante Rini mengatur pola hidupnya,” bebernya seperti dikutip dari kanap Youtube Intens Investigasi.

Baca Juga: Penerapan Cukai Minuman Berpemanis Berpengaruh ke BPJS, Kok Bisa?

Di kanal Youtube Cumicumi pada 2013 lalu, Rini S Bon Bon menceritakan dirinya menderita diabetes.  Hal ini lantaran genetik dari ayahnya yang menjadi penderita diabetes.

“Saya sempat ke Dokter Hembing bagaimana caranya supaya saya tidak kena gula tapi ternyata genetik saya lebih kuat sehingga akhirnya saya tetap kena gula, apalagi waktu itu saya obesitas,” bebernya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya