SOLOPOS.COM - ilustrasi start up (istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Sejumlah startup berstatus unikorn di Indonesia masih mampu mempertahankan gelarnya di tengah fenomena badai pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

Bahkan, tidak sedikit yang memprediksi jumlah startup baru di Tanah Air akan terus bertambah dan berkembang. Startup sendiri merupakan istilah yang berarti perusahaan rintisan. Artinya, perusahaan yang baru berjalan atau belum lama beroperasi dan terus mengembangkan pangsa pasarnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mengutip Bisnis.com dari Daily Social, Minggu (19/6/2022), terkait dengan nama startup terkenal yang berhasil menyandang gelar unicorn atau memiliki valuasi melampaui US$1 miliar atau sekitar Rp14,3 triliun.

Berikut 10 startup berstatus unikorn Indonesia di tengah badai PHK:

Baca Juga: Pengembangan Startup Digital Butuh Dukungan Regulasi dan Pendampingan

Bukalapak

Perusahaan rintisan ini berhasil meraih status unikorn pada 2018 dengan suntikan dana dari sejumlah grup investor besar, di antaranya 500 Startups dan Emtek Grup.

Perusahaan yang didirikan oleh oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid itu juga telah resmi melantai di Bursa Efek Indonesia sejak akhir Juli 2021.

Traveloka

Startup yang bergerak di bidang pemesanan hotel dan travel ini telah menerima gelar unikorn pada 2017 usai mendapat kucuran dana dari perusahaan di bidang yang sama yakni Expedia, pada Juli 2017. Kini, angka valuasi Traveloka mencapai US$3 miliar atau setara dengan Rp42,6 triliun.

Kopi Kenangan

Sebagai perusahaan rintisan yang berkembang di bidang kuliner, Kopi Kenangan berhasil mendapatkan gelar unikorn pada 27 Desember 2021, bahkan mengeklaim sebagai perusahaan New Retail F&B pertama yang berhasil mendapat titel unicorn di Indonesia dan Asia Tenggara. Perusahaan ini telah memiliki valuasi di atas Rp14 triliun setelah memperoleh pendanaan seri C senilai Rp1,3 triliun pada 2021.

Baca Juga: Ini Dia Startup Mangkokku, Bisnis Kuliner Gibran yang Diminati Investor

Akulaku

Akulaku didirikan pada 2014. Startup ini bergerak di bidang keuangan dan teknologi yang memberikan layanan pembiayaan (fintech lending). Baru-baru ini Akulaku masuk dalam daftar startup unikorn.

Perusahaan rintisan tersebut menerima pendanaan US$10 miliar, sehingga menjadikannya unikorn dengan valuasi US$2 miliar.

OVO

Salah satu anak perusahaan Lippo Group yang bergerak di bidang sistem pembayaran digital ini juga sudah menyandang gelar sebagai unicorn. Pada 2018, OVO mendapatkan investasi dari Tokyo Century sebesar US$120 juta atau sekitar Rp1,7 triliun.

Kredivo

Kredivo merupakan startup di bawah naungan PT FinAccel Teknologi Indonesia yang berdiri pada Desember 2015 dan bergerak di bidang jasa peminjaman kredit. Kredivo resmi menjadi unikorn pada pertengahan 2021.

Baca Juga: Startup Ini Bisa Bertahan Selama Pandemi, Milik Orang Nomor Satu Solo?

Xendit

Xendit turut masuk ke dalam daftar perusahaan rintisan Indonesia dengan status unikorn. Sebelumnya, startup ini telah menerima pendanaan seri C senilai US$150 juta atau sekitar Rp2,1 triliun.

Fintech ini didirikan oleh Moses Lo pada 2015 dan bergerak di bidang layanan sistem pembayaran untuk mempermudah transaksi pelaku bisnis, di antaranya e-commerce, UMKM, startup hingga perusahaan koperasi.

Ajaib

Startup Ajaib merupakan fintech (financial technology atau teknologi finansial) yang berkecimpung di bidang investasi, yaitu reksa dana dan saham.

Setelah menerima suntikan dana Seri B dari DST Global senilai US$153 juta atau Rp2,2 triliun, Ajaib jadi salah satu perusahaan rintisan di Indonesia yang menyandang status unicorn hanya dalam waktu 2,5 tahun saja.

Selain ke-8 startup tersebut, Daily Social juga memasukkan Blibli dan JD.ID dalam daftar untuk melengkapi jumlahnya menjadi 10. Namun, kedua startup tersebut tidak membuka nilai valuasinya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul : Ini 10 Startup Unicorn Indonesia saat Badai PHK Karyawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya