Di Jogja, Ada Bule Prancis Jual Bakpia Paris
Solopos.com|jogja

Di Jogja, Ada Bule Prancis Jual Bakpia Paris

Seroang chef asal Prancis membuat bakpia Paris dengan varian rasa dan bentuk yang berbeda.

Solopos.com, JOGJA -- Bakpia selama ini dikenal sebagai jajanan khas Jogja. Biasanya berisi kacang hijau atau cokelat. Namun di tangan seorang chef kelahiran Prancis, William Zoratti, bakpia hadir dengan sensasi berbeda. Bakpia buatan William ini bernama bakpia Paris.

Meski memakai nama Paris, William mengatakan bakpia buatannya diolah dari bahan-bahan premium lokal. Bakpia Paris muncul, katanya, terinspirasi dari romantisme ibu kota negaranya, Prancis . Salah satunya adalah Bakpia Paris rasa cheesy cheez.

Hidup selama 20 tahun di Indonesia membuatnya mengenal banyak rasa kuliner Indonesia. Dia mengaku menyukai masakan pedas dan manis. Bakpia khas Jogja menjadi salah satu makanan favoritnya.

Baca Juga: Pemkot Jogja Perpanjang Diskon Retribusi Pasar hingga April 2021

"Jogja terus-menerus membuat saya merasakan banyak hal. Keberagamannya tidak habis-habis untuk dicicipi. Romantismenya mengingatkan saya akan kota kelahiran saya, Paris," jawab William ketika ditanya apa yang melatar belakangi dirinya menciptakan Bakpia Paris, Sabtu (10/4/2021).

Dia menjelaskan bakpia Paris memiliki varian rasa yang sudah familiar di lidah. Seperti rasa choco rocky (coklat) dan cheesy cheez (keju). Saat ini juga ada varian rasa yang masih sangat jarang ditemukan seperti almond versailles dan durian eliysse. "Almond, coklat dan keju mungkin biasa untuk lidah orang Prancis. Tapi (rasa) durian tidak. Saat saya perlihatkan video teman-teman saya di Prancis, mereka tertarik mencobanya," katanya.

Tak Lagi Bundar

Biasanya, kata William, bakpia dibentuk bundar. Ia mulai berpikir kenapa bentuknya tidak dibuat kotak untuk menambah daya tariknya. William berharap melalui Bakpia Paris dia bisa berbagi cita rasa Paris ke dalam sebuah bakpia dan memperkaya ragam rasa yang sudah ada di Jogja.

"Every flavor has a story. Masyarakat akan mendapatkan pengalaman mencicipi bakpia kekinian dengan sentuhan romantisme Paris," katanya.

Baca Juga: Viral Aksi Buang Makanan Senilai Rp13 Juta di Sepanjang Apartemen

Sales Marketing Officer Bakpia Juara Satoe, Wida Putri, mengatakan bakpia Paris merupakan produk baru dari Bakpia Juwara Satoe. Kehadiran bakpia ini diharapkan dapat memberikan pilihan beragam oleh-oleh dari Kota Jogja.

"Bakpia Paris merupakan varian hidangan yang terinspirasi dari kekayaan dan keagungan tradisional Jogja."

Jika bakpia umumnya berbentuk bulat pipih atau setengah bola, katanya, bakpia Paris berbentuk kotak. Setiap bakpia dikemas satu persatu dalam wadah dan kemasan plastik. "Jadi Bakpia Paris ini menjadi alternatif buah tangan khas Jogja dengan cita rasa Paris," katanya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago