SOLOPOS.COM - Putra Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Jan Ethes Srinarendra meluapkan kegembiraan seusai menerima medali memenangi pertandingan beladiri Taekwondo Kelas Super Kadet Pemula, Piala Wali Kota Solo 2022 di Hall Terminal Tirtonadi, Solo, Jumat (28/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Penyelenggara Solo International Performing Arts atau SIPA 2022 bakal memberikan kejutan bagi penonton di Benteng Vastenburg, Solo, pada pembukaan acara tersebut, Kamis (8/9/2022) malam.

Direktur SIPA RAy Irawati Kusumorasri menjelaskan maskot SIPA 2022 Rianto, 41, akan tampil sebagai opening. Penyelenggara biasanya memberikan kejutan-kejutan pada opening SIPA yang berlangsung setiap tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Biasanya kami ada kejutan-kejutan tarian yang megah menghantarkan maskot,” katanya kepada Solopos.com saat Welcome Dinner SIPA 2022 di Loji Gandrung, Rabu malam ini.

Catatan Solopos.com, penari asal Banyumas, Rianto, terpilih menjadi maskot SIPA 2022 yang digelar di Benteng Vastenburg, Solo, 8-10 September 2022. Rianto ditetapkan sebagai maskot karena kiprahnya yang dinilai menjadi ikon seniman kontemporer.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia juga aktif melahirkan karya yang menjadi penggerak perubahan kehidupan. Pengumuman Rianto sebagai Maskot SIPA Festival 2022 dilaksanakan di Pendapa Sekretariat SIPA, JI Kedasih, Kerten, Laweyan, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Welcome Dinner Sambut Delegasi SIPA 2022, Kenalkan Berbagai Kuliner Khas Solo

“Tadi Mas Wali [Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka] ngendika putranya Jan Ethes [Jan Ethes Srinarendra] diminta pentas dengan Korea pada tampilan pertama namun belum tahu ya ibunya [Selvi Ananda] mengizinkan atau tidak,” tambah Irawati.

Atraksi 11 Atlet Taekwondo

Dia menjelaskan Jan Ethes aktif menekuni seni bela diri asal Korea Selatan, taekwondo. Penyelenggara menyiapkan Garuda Taekwondo Demonstration Team (KCCI) Korea Selatan untuk tampil pada sesi awal pada malam pertama SIPA 2022 Solo.

“Taekwondo yang diramu dengan musik K-Pop akan tampil. Mereka mengajak Jan Ethes pentas bareng. Ya semoga boleh [ibunya mengizinkan],” katanya sambil tersenyum.

Baca Juga: Bangganya Para Delegasi SIPA 2022 Disambut Wali Kota Solo Gibran

Pelatih Garuda Taekwondo Demonstration Team (KCCI) Korea Selatan, Sofiyudin, mengatakan timnya antusias dengan wacana Jan Ethes bergabung untuk tampil. Garuda Taekwondo Demonstration Team siap membuat konsep bersama putra Wali Kota Solo itu.

“Tidak masalah untuk gabung dengan kami. Kami sudah buatkan konsepnya Jan Ethes. Kalau misalkan Jan Ethes siap, tidak masalah untuk tampil, kami siap untuk buat konsep Jan Ethes gabung bersama kami,” jelasnya.

Dia menjelaskan Garuda Taekwondo Demonstration Team menampilkan 11 atlet untuk menampilkan atraksi, di antaranya taekwondo dance, gerakan taekwondo, atraksi extreme kick. Atraksi itu dipadukan dengan K-Pop.

Baca Juga: SIPA 2022 Digelar Gratis, Begini Cara Dapat Tiketnya 

Penampil Malam Pertama SIPA

“Nanti ada di bagian-bagian gerakan dasar taekwondo dan Jan Ethes memecahkan papan juga,” ujarnya. Adapun Pelatih Garuda Taekwondo Demonstration Team itu bangga bisa terlibat pada SIPA 2022 di Solo karena merupakan kesempatan kali pertama bagi timnya untuk menampilkan atraksi.

“SIPA sangat bagus melibatkan potensi pada komunitas lainnya. Kami mengapresiasi karena hasil latihan bisa ditampilkan secara global,” katanya.

Selain  Garuda Taekwondo Demonstration Team, sejumlah seniman yang bakal tampil pada malam pertama, adalah Wan Dance Studio dari Riau, Balaan Tumaan Ensemble dari Pontianak, Latif Bolat dari Turki, Anak Seni Asia X CCA UiTM dari Malaysia.

Baca Juga: Jelang SIPA 2022, Delegasi Disambut Welcome Dinner 

Selanjutnya ada Rodrigo Parejo dari Spanyol, Go Seong Folksong Group dari Republik Korea, Sadulur Sajaran dari Temanggung. Berdasarkan akun Instagram SIPA @sipafestival, SIPA 2022 yang mengusung tema Art of Spirit of Life Changing itu berlangsung mulai pukul 19.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

Para penonton bisa reservasi langsung dengan tiket.com atau linktr.ee/sipa_festival. Acara terbuka untuk umum bagi masyarakat dan gratis. Warga yang ingin menonton secara langsung bisa parkir di bagian timur Benteng Vastenburg.

Terdapat stan kuliner dan aksesori pada area Benteng Vastenburg. SIPA 2022 juga bisa disaksikan secara virtual melalui Youtube SIPA Festival, Pariwisata Solo, dan Gibran TV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya