SOLOPOS.COM - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengunjungi Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Obama terlihat sangat mengagumi cara penyusunan batu Candi Prambanan

Harianjogja.com, SLEMAN—Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, berkunjung ke Candi Prambanan di Sleman, Kamis (29/6/2017). Tak sendiri, Obama mengajak serta istri dan kedua anaknya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Arkeolog Manggarsari Ayuwati yang juga menjadi Kepala Seksi Unit Prambanan Balai Perlindungan Benda Cagar Budaya (BPCB) DIY, mendampingi Obama selama Presiden ke-44 AS itu berkeliling Prambanan.

Manggarsari menuturkan dari keempat Candi yang dikunjungi, Obama paling lama berada di Candi Syiwa. Dia terkesan dengan relief di Candi Syiwa itu. “Ada sekitar 15 menit di sana [Syiwa], soalnya [candi] paling besar,” ujarnya, Kamis.

Obama terlihat sangat mengagumi cara penyusunan batu Candi Prambanan. Manggarsari pun juga menunjukkan simulasi cara menyusun batu candi kepada Obama. “Saya jelaskan batu-batu yang ditemukan berceceran kemudian dicari pasangannya. Setelah ketemu pasangannya baru kemudian disusun,” papar Manggarsari.

Obama, lanjut dia, juga bertanya tentang fungsi candi apa saja. Manggarsari pun menjelaskan arti-arti relief yang terpasang di Candi Prambanan. Dia menjelaskan penyusunan candi saat ini dilakukan oleh profesional. “Pencari batu dan steller atau tukang setel batu. Sebuah profesi yang saat ini langka,” tutur Manggarsari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya