SOLOPOS.COM - Ilustrasi Candi Prambanan. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, KLATENCandi Prambanan menjadi candi paling dikenal masyarakat luas di Klaten. Candi Prambanan baru saja dicanangkan pemerintah sebagai tempat ibadah umat Hindu seluruh dunia.

Pencanangan Candi Prambanan sebagai tempat ibadah bersamaan dengan pencananangan Candi Borobudur, Candi Pawon, dan Candi Mendut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penandatangan nota kesepahaman dilakukan Kementerian Agama; Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek); Kementerian BUMN; Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf); dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) secara hibrida, Jumat (11/2/2022).

“Kami harapkan candi-candi ini bisa jadi tempat ibadah umat Hindu dan Buddha di Indonesia dan dunia,” kata Koordinator Staf Khusus Menteri Agama (Menag), Adung Abdul Rochman, saat konferensi pers di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Candi Prambanan tergolong candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun abad ke-9 M. Candi Prambanan dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu, yaitu Dewa Brahma sebagai dewa pencipta, Dewa Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan Dewa Siwa sebagai dewa pemusnah.

Baca Juga: Ini Daftar Wisata Candi di Klaten, dari Prambanan hingga Merak

Candi Prambanan sudah mendapat predikat sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage) dengan nama Prambanan Temple Compunds (Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Lumbung, Candi Bubrah, dan Candi Asu) dari United Nations Educational Scientific and Culturan Organization (UNESCO) pada 13 Desember 1991 dengan Nomor C. 642.

Keberadaan Candi Prambanan yang berlokasi di kawasan perbatasan sering membikin warga bingung. Ternyata, Candi Prambanan berlokasi di Dusun Karangasem, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Jogja. Sedangkan pelataran/halaman parkir di kompleks Candi Prambanan masuk wilayah Klaten, Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya