SOLOPOS.COM - Pedagang daging ayam di Pasar Besar Madiun menunggu pembeli, Rabu (27/4/2022). (Abdul Jalil/Solopos.com)

Solopos.com, MADIUN — Harga daging ayam di Pasar Besar Madiun, Jawa Timur, naik hingga Rp38.000 per kg menjelang Lebaran 2022. Bahkan, harga daging ayam akan terus mengalami kenaikan hingga hari H Lebaran.

Seorang pedagang daging ayam Pasar Besar Madiun, Purwani, mengatakan harga daging ayam menjelang Lebaran ini mengalami kenaikan sejak sepekan terakhir. Saat ini harganya Rp38.000 per kilogram.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Besok [Kamis] naik lagi harganya. Sampai H-1 Lebaran akan naik terus. Bahkan bisa sampai Rp40.000 per kilogram. Seperti Lebaran tahun lalu,” kata dia saat ditemui di lapaknya, Rabu (27/4/2022).

Dia menyampaikan kenaikan harga daging ayam ini sebenarnya sejak awal Ramadan sudah ada kenaikan. Namun, kenaikannya bertahap.

Baca Juga: Petasan Meledak saat Sahur, Satu Rumah Warga di Madiun Kocar-Kacir

Harga daging ayam naik, kata dia, karena memang dari peternak sudah mahal. Meski harganya lebih mahal, dia mengaku menjelang Lebaran ini penjualannya pun meningkat.

“Pembeli banyak yang mengeluh sebenarnya. Tapi ya mau bagaimana lagi. Memang harganya naik. Meski harga naik, permintaan tetap tinggi,” jelasnya.

Menjelang Lebaran ini permintaan juga meningkat tajam, dari yang biasanya hanya 50 kg sampai 80 kg per hari. Saat ini satu hari, ia bisa menjual hingga 4 kwintal.

“Kemungkinan nanti H-2 dan H-1 juga segitu. Karena Lebaran kan banyak yang butuh daging ayam,” ujar dia.

Baca Juga: Seorang Pemuda Alami Luka Parah karena Petasan 1 Kg Meledak di Madiun

Kenaikan harga daging ayam ternyata tidak terjadi di daging sapi. Untuk harga daging sapi di Madiun, saat ini masih stabil di harga Rp120.000 per kilogram.

Hal itu dikatakan penjual daging sapi di Pasar Besar Madiun, Suprapti. Dia mengatakan kenaikan harga daging sapi terjadi pada awal Ramadan, dari sebelumnya Rp110.000 menjadi Rp120.000 per kg.

Namun, dia tidak bisa memastikan apakah sampai H-1 Lebaran harga masih stabil atau akan ada kenaikan. Dia mengaku saat ini ada peningkatan permintaan. Dari sebelumnya yang hanya 75 kg per hari, saat ini permintaan bisa mencapai 1 kwintal.

“Ini tinggal barangnya banyak atau sedikit. Kalau barang sedikit, tapi permintaan banyak, ya tentu harga akan naik,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya