SOLOPOS.COM - Perwakilan Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (Blispi) Pusat memberikan keterangan pers di Gedung Wanita, Rabu (4/3/2020) soal seleksi pemain Timnas Pelajar U-15 di Solo, 8-12 Maret. (Solopos/Chrisna Chanis Cara)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo bakal menjadi lokasi seleksi tahap pertama Timnas Pelajar U-15 yang akan diberangkatkan ke Sisilia, Italia.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Badan Sepak Bola Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (Blispi) sudah menjaring 120 pemain yang akan mengikuti seleksi awal di Stadion Sriwedari, 8-12 Maret 2020. Nantinya akan ada 20 pemain yang akan terbang ke Sisilia untuk mengikuti turnamen internasional pada September.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebanyak 120 pemain merupakan jebolan peserta Liga Berjenjang Piala Menpora U-14 2019 yang berasal dari penjuru Nusantara. Mereka sudah melalui pemantauan pemandu bakat yang dikepalai Rully Nere.

Ekspedisi Mudik 2024

Jadwal Pemadaman Listrik di Solo, Sragen, Boyolali & Sukoharjo, Kamis (5/3/2020)

Dalam seleksi lima hari di Kota Bengawan, 120 pemain akan dikerucutkan menjadi tinggal 50-60 pemain saja. Mereka kemudian akan mengikuti seleksi selanjutnya di Makassar untuk menentukan 20 pemain terpilih.

“Awalnya hanya 86 pemain yang direkomendasikan pemandu bakat. Namun akhirnya bertambah menjadi 120 pemain, memfasilitasi pemain potensial dari tim-tim yang tersingkir di babak awal maupun daerah yang tidak ikut kompetisi tahun lalu seperti Papua,” ujar Sekjen Blispi Pusat, M. Jaelani Saputra, dalam jumpa pers di Gedung Wanita, Rabu (4/3/2020).

Adik Sebut Pria Karanganyar Peneror Syifa Hadju Fans Posesif

Jaelani menjamin 120 pemain yang mengikuti seleksi punya kualitas mumpuni karena dipantau sejak dari level kota/kabupaten. Selain Rully Nere, Blispi menunjuk sejumlah figur kawakan seperti Rully Nere, Warsidi, Ali Sunan, Alexander Saununu hingga Kas Hartadi sebagai pemandu bakat.

Kota Solo sendiri mengirimkan sembilan pemain yang tahun lalu membawa Jawa Tengah menjuarai Piala Menpora. “Sebelum berangkat ke Italia sekitar bulan Agustus atau September, pemain terpilih akan menjalani pemusatan latihan di Makassar,” imbuh Jaelani.

Awas Bahaya! Talut Jalan Utama Wonogiri-Sukoharjo Ambrol

Ketua Blispi Pusat, Subagja Suihan, mengatakan Sisilia dipilih karena daerah itu memiliki turnamen internasional yang cukup bergengsi. Pihaknya berharap perwakilan PSSI dapat turut serta ke Negeri Piza untuk ikut memantau potensi pemain Timnas Pelajar.

Menurut Subagja, skuat Timnas Pelajar bisa menjadi alternatif mencari pemain berbakat untuk memperkuat Timnas di bawah PSSI. Sebagai informasi, pemain macam Amirudin Bagus Kahfi, Bagas Kaffa dan Supriyadi merupakan jebolan Piala Menpora 2016. “Kami harap ada tim dari federasi untuk melihat kualitas mereka,” ujar Subagja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya