SOLOPOS.COM - Gunung Srandil. (facebook/Hutan Belantara Indonesia)

Solopos.com, CILACAP — Kabupaten Cilacap selain dikenal memiliki objek wisata alam yang indah, juga memiliki destinasi wisata religi yang cukup terkenal, yakni Gunung Srandil. Di lokasi itu terdapat petilasan Ki Semar.

Dikutip dari Bisnis.com, Minggu (16/1/2022), Gunung Srandil terletak di Desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Gunung Srandil menjadi salah satu tempat favorit peziarah yang hendak melakukan ritual, terutama pada malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon saat Sura atau Bulan Muharam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan keterangan yang diunggah akun @buminusantara.id, Gunung Srandil menjadi petilasan Ki Semar atau Kaki Tunggul Sabdo Jati Doyo Amung Rogo.

Baca Juga: Gunung Srandil, Destinasi Wisata Religi Cilacap yang Dipenuhi Petilasan

Sebagian masyarakat Jawa meyakini sosok Ki Semar sebagai leluhur di tanah Jawa. Konon, Ki Semar disimbolkan sebagai kawula ajiwa bathara yang berarti rakyat yang berjiwa dewa.

Selain petilasan Ki Semar, di sekitar kawasan Gunung Srandil juga terdapat beberapa petilasan lain. Beberapa di antara petilasan Eyang Guru Agung Sultan Mursid, Nini Dewi Tanjung Sekar Sari, Eyang Langlang Buana, Eyang Juragan Dampu Awang atau Sampokong atau Sunan Kuning, dan Mayang Koro atau Hanoman.

Di bukit yang dipenuhi pepohonan itu juga terdapat dua makam prajurit Diponegoro bernama Kuncisari dan Danasari. Makam tersebut kemudian dinamakan makam Sukmasejati.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Gunung Merapi dari Petilasan Bukit Cilenguk Selo

Gunung Srandil tak hanya dikenal di kalangan masyarakat Cilacap atau Jawa. Banyak peziarah yang datang dari Kalimantan, Sumatra, Bali, dan Sulawesi. Masyarakat yang berkunjung ke Gunung Srandil memiliki tujuan berbeda-beda, seperti ziarah, ritual agama, budaya, hingga napak tilas. Salah satu tujuan napak tilas, yakni petilasan Ki Semar.

Objek wisata Gunung Srandil ini sebetulnya sebuah bukit kecil dipenuhi pepohonan. Di bukit kecil itu juga terdapat Vihara Budha Tri Ratna yang masih digunakan beribadah umat Budha.

Dilansir laman resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, penghuni kali pertama di Gunung Srandil adalah Sultan Mukhriti, putra kedua Ratu Sumenep bernama Dewi Sari Banon.

Baca Juga : Ini Batu Cinta Panembahan Senopati & Nyi Roro Kidul di Parangkusumo

Konon, Sultan Mukhriti berniat untuk bertapa. Namun, sang sultan malah muksa atau menghilang. Ia meninggalkan petilasan di sebelah timur Gunung Srandil. Sultan Mukhriti kini dikenal dengan sebutan Embah Gusti Agung Sultan Mukhriti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya