SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyapa warga saat CFD Solo berlangsung, Minggu (26/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Ketua DPD PAN Kota Solo, Achmad Sapari, menyatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Kota Solo siap mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024.

Pernyataan tersebut dia sampaikan saat seminar Menakar Capres 2024 dalam Perspektif Hukum, Politik dan Sosial Budaya, gelaran DPC PDIP Solo, Sabtu (2/7/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara itu digelar di Pendapa RW 09 Kelurahan Pucangsawit, Jebres, Solo.

Tampil sebagai nara sumber adalah Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Agus Riewanto, dan Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Hadapi Koalisi Indonesia Kerja, Ini Nama Baru Koalisi Prabowo-Sandi

Hadir dalam acara itu jajaran KPU Solo, Bawaslu Solo, dan pimpinan parpol Solo antara lain Ketua DPD Partai Golkar Solo, Kusrahardjo, dan Ketua DPD PAN Solo, Achmad Sapari.

Selain itu hadir puluhan kader PDIP Solo.

Pernyataan Sapari bahwa KIB Solo siap menjadi kendaraan politik bagi Ganjar disampaikan saat sesi diskusi.

Baca Juga: Gerindra dan PKB Salatiga Sepakat Koalisi

Dia bercerita sosok Ganjar yang masa kecilnya di Tawangmangu.

“Pak Ganjar kecil di Tawangmangu, sehingga dibuatkan SMA Negeri. Saya siap mendukung Pak Ganjar, Pak Rudy,” ujar dia disambut tepuk tangan meriah peserta seminar.

Sedangkan saat diwawancara seusai acara, Sapari mengatakan KIB Solo memang telah diminta untuk menjaring nama-nama figur capres.

Baca Juga: Parpol Koalisi Indonesia Bersatu Di Solo Adakan Pertemuan, Ada Apa?

Dan saat ini KIB Solo sudah mendapatkan beberapa nama yang akan diusulkan, salah satunya Ganjar.

Selain Ganjar, Sapari menjelaskan, ada beberapa nama lain yang akan diusulkan KIB Solo ke KIB pusat sebagai capres, seperti Prabowo Subianto, Ridwan Kamil, dan Anies Baswedan. Tapi Prabowo diyakini sudah punya kendaraan sendiri.

“Kami kan disuruh menjaring 10 nama, salah satunya ada nama Ganjar. Kalau Ganjar nanti tidak ada kendaraannya kami akan usung dia. Karena Ganjar kan saat ini kan belum jelas, apakah akan diusung oleh PDIP atau tidak,” ungkap Sapari.

Baca Juga: Projo Menilai Koalisi Indonesia Bersatu Sebagai Manuver Cerdas

Seperti diketahui, DPP Partai Golkar, DPP PAN dan DPP PPP telah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk menghadapi Pemilu 2024. Namun sejauh ini koalisi itu belum menentukan figur capres-cawapres yang akan diusung.

Muncul spekulasi, KIB sengaja dibentuk untuk mewadahi figur-figur favorit publik apabila tidak mendapatkan tiket capres dari parpol. Di antara nama-nama yang dikaitkan dengan koalisi ini yaitu Ganjar Pranowo yang adalah kader PDIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya