Keindahan WKO Bisa Dinikmati Maksimal di Gunung Kemukus pada Bulan Ini

Keberadaan Waduk Kedung Ombo menambah daya tarik Objek Wisata Gunung Kemukus di Sragen. Keindahan maksimal bisa dinikmati wisatawan saat air Waduk Kedung Ombo mencapai ketinggian puncak.
SHARE
Keindahan WKO Bisa Dinikmati Maksimal di Gunung Kemukus pada Bulan Ini
SOLOPOS.COM - Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi para pejabat meninjau proyek The New Kemukus di wilayah Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Sragen, Jumat (26/11/2021). (Istimewa/Diskompinfo Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Keberadaan Waduk Kedung Ombo menambah daya tarik wisata Objek Wisata Gunung Kemukus di Kecamatan Sumberlawang, Sragen. Apalagi saat airnya pasang, sehingga bisa menyentuh dermaga di Gunung Kemukus.

Namun tidak setiap saat ini terjadi, hanya saat musim hujan tiba, seperti sekarang. Puncak ketinggian air Waduk Kedung Ombo diperkirakan terjadi saat Maret atau April. Maka berkunjung ke Gunung Kemukus di waktu tersebut, wisatawan akan bisa menikmati keindahan Waduk Kedung Ombo secara maksimal.

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Pantauan Solopos pada Rabu (19/1/2022) malam lalu, air waduk telah sampai di depan kompleks Gunung Kemukus. Pancaran lampu yang dipantulkan air menghiasi kawasan Kemukus. Pengguna jalan dari arah timur yang melintasi jembatan bisa menikmati cahaya lampu-lampu itu namun harus waspada mengingat ada banyak kendaran yang melintas.

Baca Juga: Tiket Masuk Gunung Kemukus Tak Sampai Seharga Semangkuk Bakso Lho

Salah seorang warga Dukuh Kedunguter, Desa Soko, Kecamatan Miri, Sragen, Muji Yanto, 57, mengatakan air Waduk Kedung Ombo biasanya surut pada periode Agustus-Desember. Air akan terisi begitu pintu waduk pada saluran yang mengarah ke Grobogan ditutup.

“Januari airnya lekas munggah. Airnya penuh Maret-April,” kata pedagang angkringan di sekitar Gunung Kemukus tersebut saat berbincang dengan Solopos.com.

Saat surut, dia mengatakan warga setempat biasanya menanam jagung pada area waduk. Penggarap merupakan pemilik lahan yang direlokasi saat pembangunan waduk.

Baca Juga: Belum Ada Sebulan, Gunung Kemukus Sudah Hasilkan Rp90 Juta

Sementara itu, penanggung jawab Objek Wisata Gunung Kemukus, Marcellus Suparno, mengatakan air waduk yang penuh akan menambah daya tarik wisata. Pengelolaan dermaga penyeberangan sudah diserahkan kepada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Sragen. Namun dia belum bisa menjelaskan lebih jauh kapan dioperasikan mengingat perahu belum siap.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago