SOLOPOS.COM - Ilustrasi Jalan (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KLATENBupati Klaten, Sri Mulyani, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023 di gedung pertemuan Buntalan, Klaten Tengah, Rabu (16/3/2022). Di kesempatan itu, Sri Mulyani mengaku banyak memperoleh laporan tentang jalan rusak di Klaten.

Sri Mulyani mengatakan program peningkatan dan pemeliharaan jalan di Klaten yang direncanakan saat ini belum dimulai. Namun, proses perbaikan segera dilakukan setelah lelang proyek rampung. Peningkatan jalan meliputi perbaikan secara total dari ruas jalan tertentu yang rusak. Sedangkan pemeliharaan jalan merupakan perbaikan lokasi-lokasi pada ruas jalan tertentu yang mengalami kerusakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dari DPUPR, dokumen sudah dikirim ke BLP [Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa]. Dari BLP sudah melakukan pelelangan terbuka sesuai ketentuan yang berlaku. Di akhir bulan ini sudah ada SPK [surat perintah kerja]. Sehingga pemeliharaan maupun perbaikan jalan bisa segera dilakukan,” kata Sri Mulyani.

Baca juga: DPU Klaten Rampungkan Perbaikan Jalan di Sribit

Mulyani mengatakan proses pemeliharaan serta peningkatan jalan diupayakan dipercepat. Dia berharap jika tahun ini pemerintah sudah memperbolehkan mudik di saat Lebaran, setidaknya kondisi jalan di Klaten sudah relatif baik.

“Dari OPD yang membidangi saya tekankan untuk menyiapkan dokumen agar segera dilakukan proses pelelangan terbuka. Dari awal-awal prosesnya sudah dimulai,” kata dia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Klaten, Suryanta, mengatakan ada lima proyek peningkatan jalan yang sudah masuk proses pelelangan terbuka di BLP. Kelima ruas tersebut yakni Kepanjen-Bulan; Jl. Ir Soekarno; Kepurun-Panggang; Pasar Kembang-Jatirajek; serta Nanggulan-Pakisan.

“Targetnya, di akhir Maret ini sudah ada pemenang lelang dan penandatangan kontrak hingga proyek peningkatan jalan bisa segera dimulai,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya