SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video detik-detik rumah di pinggir sungai wilayah Pajang, Laweyan, Solo, ambrol pada Minggu (23/1/2022). (Instagram@pmisurakarta)

Solopos.com, SOLO — Detik-detik rumah warga RT 001/RW 002 Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo, Minggu (23/1/2022), ambrol ke sungai terekam kamera dan beredar di sejumlah akun media sosial Instagram.

Salah satunya di akun Instaram PMI Solo, @pmisurakarta, sekitar pukul 17.00 WIB. Dalam rekaman video itu terlihat bangunan rumah itu memang sangat mepet di bibir sungai. Sebelum ambrol, dinding rumah yang tidak diplester itu sudah tampak ada retakan cukup lebar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Baca Juga: 1 Rumah di Pinggir Sungai Wilayah Pajang Solo Mendadak Ambrol

Lalu tiba-tiba tembok runtuh dan jatuh ke sungai menyisakan atap seng yang disangga bambu menggantung. Tanah di bawah bangunan rumah itu longsor. Saat kejadian, dalam tayangan video itu tidak terlihat sedang hujan tapi cuaca memang mendung.

Menurut keterangan dalam unggahan video itu, peristiwa itu terjadi pukul 15.00 WIB. Tidak ada korban jiwa maupun luka. Saat kejadian, seluruh anggota keluarga penghuni rumah sedang berada di luar rumah.

Baca Juga: Kali Jenes Meluap, Pajang Solo Banjir dengan Ketinggian sampai 1 Meter

“Saat ini Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) telah berada di lokasi untuk membantu evakuasi,” tulis pengelola akun @pmisurakarta. Dalam foto lain yang diperoleh Solopos.com, sejumlah petugas rescue berdatangan ke lokasi untuk melakukan assessment.

Sementara itu, hingga berita ini diunggah, Solopos.com belum mendapat informasi lebih lanjut mengenai identitas pemilik bangunan rumah di pinggir sungai wilayah Pajang, Solo, yang ambrol tersebut.

Baca Juga: Kali Jenes Meluap, Belasan Rumah di Pajang Laweyan Terendam Banjir

Namun, kejadian itu sudah diketahui oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Saat dihubungi melalui pesan Whatsapp, Minggu sore, Gibran mengatakan kejadian itu sudah ditangani oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo.

“Tidak ada korban jiwa, hanya satu rumah yang kena. TRC sudah di lokasi untuk melakukan assesment dulu,” jelas Gibran melalui Whatsapp.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PMI Kota Surakarta (@pmisurakarta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya