Solopos.com, SOLO — Polisi menangkap 10 mahasiswa anggota BEM UNS Solo, Senin (13/9/2021). Penangkapan dilakukan saat mereka menyampaikan aspirasi dengan membentangkan poster di depan kampus bertepatan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Penangkapan dilakukan setelah seorang mahasiswa yang membentangkan poster di halte UNS Solo diamankan petugas keamanan pada pukul 11.13 WIB dan dibawa dengan mobil berwarna hitam. Selanjutnya, dua mahasiswa lain menghampiri teman yang diamankan, sehingga ketiganya dibawa dengan mobil yang sama. Petugas kemudian mengamankan empat mahasiswa lain dengan mobil putih. Keempat mahasiswa ini sempat digeledah petugas sebelum dibawa ke Mapolresta Solo. Terakhir, aparat mengamankan tiga mahasiswa lain yang hendak menyampaikan asprirasi di depan kampus.

PromosiJalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menanggapi penangkapan terhadap 10 mahasiswa anggota BEM UNS yang melakukan aksi membentangkan poster saat kunjungan Presiden Joko Widodo di Solo, Senin (13/9/2021). Kapolresta menyatakan tata cara penyampaian pendapat di muka umum tidak boleh diabaikan. Meskipun kemerdekaan penyampaian pendapat itu dijamin undang-undang (UU).Kapolresta Solo menegaskan tentang tata cara yang harus dipatuhi dalam penyampaian pendapat di muka umum sebagaimana regulasi yang berlaku. Regulasi yang dimaksud yaitu memberitahukan kepada polisi terkait agenda dan materi yang harus diinformasikan atau diberitahukan tersebut. Tujuannya agar polisi  memberikan pengamanan terhadap kegiatan atau genda unjuk rasa tersebut. Regulasi lain yakni larangan berkerumun di tengah pandemi Covid-19.

Ekspedisi Mudik 2024

 

Petugas memasukkan mahasiswa yang ditangkap karena melakukan aksi membentangkan poster saat kunjungan Presiden Jpko Widodo ke Kampus UNS, Kentingan, Solo, Senin (13/9/2021). (Istimewa)

 

Polisi menangkap sejumlah mahasiswa BEM UNS yang melakukan aksi membentangkan poster saat kunjungan presiden di UNS, Kentingan, Solo, Senin (13/9/2021). (Istimewa)

 

Dua mahasiswa digiring petugas di depan Kampus UNS Solo menuju mobil untuk dibawa ke Mapolresta Solo, Senin (13/9/2021). (Istimewa)

 

Petugas menggiring mahasiswa yang ditangkap menuju mobil untuk dibawa ke Mapolresta SOlo, Senin (13/9/2021). Penangkapan dilakukan setelah seorang mahasiswa yang membentangkan poster di halte UNS Solo diamankan petugas keamanan pada pukul 11.13 WIB. (Istimewa)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi