Deteksi Gangguan Pencernaan Dengan Endoskopi Diagnostic

Salah satu alat penunjang terbaru di RS JIH Solo adalah Endoskopi Diagnostic dan Terapeutik, untuk mendeteksi adanya kelainan di saluran cerna.
Deteksi Gangguan Pencernaan Dengan Endoskopi Diagnostic
SOLOPOS.COM - Ilustrasi sakit perut karena penyakit asam lambung. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Sistem pencernaan manusia terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Selain itu, organ pankreas, hati, dan kantung empedu juga termasuk dalam sistem pencernaan.

Fungsi sistem pencernaan adalah menerima dan mencerna makanan. Setelah dicerna, nutrisi tersebut diserap dan disalurkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Sistem pencernaan juga berfungsi untuk memisahkan dan membuang sisa makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh.

Ada beberapa gangguan pencernaan yang umum terjadi, seperti dikutip dari Alodokter.  Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung naik menuju kerongkongan. Kondisi ini disebabkan oleh melemahnya katup (sfingter) yang terletak di dalam saluran kerongkongan bagian bawah.

Pada orang sehat, katup tersebut akan berkontraksi dan menutup saluran kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Namun pada penderita GERD, katup yang lemah menyebabkan kerongkongan tetap terbuka, sehingga asam lambung naik ke kerongkongan.

Baca juga: Fenomena Artis Adopsi Spirit Doll, Ini Kata Dosen Psikologi UNS

Beberapa gejala penyakit asam lambung adalah, rasa perih dan sensasi seperti terbakar di dada, yang bertambah parah setelah makan atau saat berbaring. Rasa asam di belakang mulut, sakit saat menelan. Adanya rasa mengganjal di kerongkongan. Batuk tanpa dahak, radang tenggorok, jika asam lambung mengiritasi tenggorokan.

Ada juga tukak lambung, yakni luka pada lapisan lambung dan usus halus bagian atas. Pengikisan dan luka tersebut umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori atau penggunaan obat pereda nyeri dalam jangka panjang.

Umumnya tukak lambung menimbulkan nyeri ulu hati. Gejala lain yang bisa muncul pada tukak lambung adalah rasa begah dan kembung, mual dan muntah, feses berwarna gelap, perubahan nafsu makan.

Macam-macam gangguan sistem pencernaan yang dipaparkan di atas dapat menimbulkan keluhan yang ringan sampai berat dan mengggangu aktivitas. Jika Anda mengalami keluhan pada sistem pencernaan, berkonsultasilah dengan dokter agar diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan.

Baca juga: Ini Pentingnya Mendeteksi Gangguan Pendengaran pada Bayi Sejak Dini

Rumah Sakit JIH Solo memiliki pelayanan Poli Penyakit Dalam. Ada beberapa keunggulan dari Pelayanan Penyakit Dalam yaitu Gastroenterologi, alergi Immunologi, Urologi, Endokrin dan Internis General yang ditunjang pula dengan alat kesehatan yang terbaru.

Salah satu alat penunjang yang terbaru adalah Endoskopi Diagnostic dan Terapeutik, alat ini untuk mendeteksi adanya kelainan di saluran cerna. Mulai dari lambung, usus, dengan kelainan lain misal : tungkak lambung, tumor di usus besar dan lain-lain. Alat ini biasa juga digunakan untuk melakukan tindakan pada pasien dengan Varises Esophagus (pasien Varises Esophagus sering mengalami muntah darah)

Untuk itu bisa datang ke RS JIH Solo di Jl. Adi Sucipto No. 118 Jajar, Solo, telepon (0271) 7469100, WhatsApp 081911500805. Bisa juga bisa kunjungi akun Facebook: Rumah Sakit JIH Solo, Instagram: rs.jihsolo, dan Twitter: rsJIHSolo

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terpopular
    Indeks Berita
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago