SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisatawan domestik. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Destinasi wisata domestik masih jadi primadona wisatawan dalam negeri meski banyak perbatasan luar negeri sudah dibuka. Bagi kamu yang ingin melancong saat libur akhir tahun, simak ulasannya di tips traveling kali ini.

Chief Marketing Officer Traveloka Shirley Lesmana mengatakan saat ini masyarakat memiliki pilihan destinasi wisata domestik yang beragam sehingga meningkatkan pemesanan perjalanan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Pasar domestik itu mengalami tren yang cukup positif, sekarang pilihan masyarakat lebih beragam, sekarang juga masyarakat lebih eksploratif,” ujar Shirley dalam diskusi media Traveloka tagline baru: Life, Your Way di Jakarta, Kamis (8/12/2022), dikutip dari Antara pada Jumat (9/12/2022).

Baca Juga: Polemik UU KUHP, Asita: Tak Ada Pembatalan Massal Wisatawan ke Bali

Ternyata ada pemicu mengapa destinasi wisata domestik masih jadi primadona. Shirley mengatakan pandemi membuat sebagian besar wisatawan lokal menyadari bahwa Indonesia sangat cantik. Perjalanan ke Indonesia Timur seperti Labuan Bajo menjadi pilihan favorit traveler.

“Ada beberapa destinasi yang lebih kuat dibanding saat sebelum pandemi. Ini membuat pemerintah dan travel platform bekerja sama, destinasi yang banyak dipilih didukung marketing yang baik dan juga infrastrukturnya,” kata Shirley.

Sementara itu, di pengujung tahun 2022 terjadi peningkatan perjalanan, ditambah lagi dengan berbagai promosi yang ditawarkan.  Bali dan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand masih menjadi primadona liburan. Sedangkan Bogor termasuk Puncak menjadi pilihan staycation favorit untuk liburan akhir tahun.

Baca Juga: Polemik UU KUHP, Australia Ingatkan Warganya Hati-hati di Indonesia

“Untuk akhir tahun 2022 cukup positif, use case-nya lebih beragam, mulai dari staycation, Bogor, Puncak, Kalau yang agak jauh ke Bali atau Asia Tenggara,” kata Shirley.

Laporan e-Conomy SEA 2022 menyebutkan bahwa sektor perjalanan menunjukkan tren pemulihan yang bertahap dan akan mencapai pemulihan penuh pada tahun 2023 dan 2024.  Laporan yang sama menyebutkan perjalanan wisata domestik menunjukkan tren pemulihan yang lebih cepat, di mana tercatat bahwa pemesanan hotel di Asia Tenggara mencapai hampir 80 persen level sebelum pandemi.

Sementara penumpang perjalanan udara domestik di Indonesia dan Malaysia masing-masing mencapai 70 persen dan 60 persen dibandingkan tahun 2019.

Baca Juga: Imbas Kecelakaan Bus di Sarangan, Pemilik Bus Wisata Mulai Sulit Cari Pelanggan

Data internal Traveloka juga pada kuartal III/2022, bahwa terdapat peningkatan pemesanan hingga lima kali lipat untuk perjalanan destinasi internasional, dan lebih dari 30 persen peningkatan pemesanan pada perjalanan destinasi domestik. Secara keseluruhan, pemesanan tiket pesawat juga meningkat hingga empat kali dibanding pada periode yang sama tahun sebelumnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya