SOLOPOS.COM - Ilustrasi menata ruang bermain anak (Rilane.com)

Desain interior hadir untuk menambah wawasan Anda mengenai tata ruang.

Solopos.com, SOLO — Agar anak betah di rumah dan memahami pentingkan kerapian sejak dini, perhatikan tips dekorasi interior untuk kamar tidurnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Buat kesan ceria untuk kamar anak, sehingga bisa membantunya berada di mood yang stabil. Desain interior kamar anak yang tidak monoton juga bisa membuat daya kreativitasnya berkembang baik.

Ekspedisi Mudik 2024

Terkait dengan itu, ada lima trik untuk membuat desain kamar anak yang cocok untuk perkembangan si kecil.

1. Manfaatkan Seni Kanvas
Dikutip Solopos.com dari Topdreamer, Rabu (27/4/2016), desain kamar anak Anda untuk memunculkan kesan santai dan nyaman, baik untuk bermain atau belajar. Berikan ornamen pada dinding kamar anak Anda.

Anda bisa menggantungkan lukisan kanvas dengan warna ceria di kamar si kecil. Atau, Anda juga bisa memberi sebidang dinding untuk si kecil mengekspresikan dirinya lewat gambar. Agar tidak pusing dengan dinding yang kotor, Anda bisa melapisi dinding dengan kanvas putih terlebih dahulu. Jelaskan, bahwa anak Anda bisa bebas menggambar apa pun di area kanvas itu.

2. Memilah Penyimpanan
Penting bagi Anda menyediakan kotak penyimpanan di kamar si buah hati. Misalnya, Anda menyediakan kotak mainan, kotak alat melukisnya, dan kotak aksesorisnya. Tempatkan kotak-kotak penyimpanan tersebut di bawah tempat tidur.

Dengan menyediakan kotak-kotak penyimpanan ini, secara tidak langsung Anda mengajarkan sikap disiplin dan memacu insting kebersihan dan kerapian anak. Selain itu, cara ini juga membantu Anda dalam mengoptimalkan luas ruangan yang ada. Tak masalah kamar berukuran sempit, selama barang-barang bisa disimpan dengan ringkas, ruangan itu akan nyaman untuk istirahat buah hati.

3. Pilih Tema
Tahukah Anda? Pemilihan tema untuk desain kamar anak tidak boleh diabaikan begitu saja. Diskusikan dengan si anak untuk memutuskan tema kamarnya. Misalnya anak Anda senang dengan tema alam, Anda bisa membuat desain kamar yang bernuansa kebun dan binatang-binatang.

Sertakan pula ornamen dinding dengan tema yang sama, sehingga bisa meningkatkan daya imajinasi anak Anda. Si buah hati juga merasa nyaman di kamarnya.

4. Sediakan Area “Kerjanya”
Mari kita sebut area kerja ini sebagai “kantor kecil” untuk anak Anda. Tempatkan meja kecil untuk jadi tempat anak Anda menyelesaikan apa yang sedang ia kerjakan, bisa yang bersifat akademis atau tidak. Tata meja kecil itu dengan tempat pensil dan beberapa buku sehingga menyerupai meja kerja di kantor. Ini akan menumbuhkan rasa tanggung jawabnya untuk menjaga baik-baik area “kerjanya” sendiri.

5. Pilih Warna
Nah, pilihan warna untuk kamar anak berperan penting. Anda disarankan menggunakan warna-warna pastel untuk dinding dan ornamen ruangan dengan warna kontras, agar tidak menimbulkan kesan monoton. Pilihan warna juga bisa membantu imajinasi si kecil agar berkembang dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya