SOLOPOS.COM - Desa Sembungan, Kabupaten Wonosobo (Instagram/jatengscenery)

Solopos.com, WONOSOBO — Sebagai kawasan yang dekat dengan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo menjadi daerah dengan elevasi yang paling tinggi di antara kawasan-kawasan lainnya di Jawa Tengah. Dikutip dari laman Instagram @jombloadventure_, Sabtu (7/8/2021), Kabupaten Wonosobo menduduki peringkat pertama untuk tiga teratas kawasan tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. (mdpl)

Dua  daerah lainnya yang termasuk dalam tiga besar kawasan tertinggi di Jawa Tengah adalah Kabupaten Temanggung di posisi kedua, dan Kota Salatiga di posisi ketiga. Berdasarkan informasi yang tersedia, lokasi daerah tertinggi di Jawa Tengah ini tepatnya berada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonbosobo.

Promosi Targetkan Pertumbuhan Kredit Double Digit, Prospek Saham BBRI Diramal Cerah

Desa ini berada di ketinggian 2.125 mdpl dan bahkan ketinggian ini mengalahkan Gunung Halimun di Provinsi Banten dan hampir sertinggi puncak tertinggi di Provinsi Lampung, Sumatra. Karena ketinggian ini, suhu udara di Desa Sembungan ini sangat dingin, baik waktu siang hari dan malam hari

Baca Juga : Wow! Krisis Air Bersih di Kabupaten Wonosobo Masih Tinggi

Berdasarkan penelusruan Solopos.com di berbagai sumber, suhu dingin di Desa Sembungan ini bisa sampai menusuk tulang. Bahkan saat musim kemarau, udara pagi di desa ini bisa menghasilkan bunga-bunga es di permukaan rumput dan dedaunan.

Semenjak dikenal sebagai desa tertinggi di Jawa Tengah, banyak yang akhirnya mengunjungi desa ini untuk membayar rasa penasaran. Umumnya, para pengunjung ingin melihat sensasi bunga es yang dihasilkan setiap pagi menjelang serta hawa dingin yang ekstrim tersebut.

Desa Sembungan ini juga memiliki beberapa spot menarik, seperti Telaga Cebong dan juga Bukit Sikunir di mana nantinya para pengunjung bisa menikmati pemandangan golden sunrise atau pemandangan matahari terbit yang indah dengan warna langit keemasan.

Baca Juga : Mau Ritual di Gunung Ungaran, 3 Warga Salatiga Hilang

Karena begitu tingginya, Desa Sembungan ini juga termasuk dalam 7 desa tertinggi se-Indonesia, sejajar dengan Kampung Bena di NTT dengan 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl),  Kampung Deiyai di Papua dengan ketinggian 1.700 mdpl, Desa Argosari di Gunung Bromo dengan ketinggian 2.000 mdpl, Desa Ranupani di Gunung Rinjani dengan ketingggian 2.100 mdpl, Distrik Mulia di Puncak Jaya dengan ketinggian 2.448 mdpl dan Desa Hargo Dalem di Gunung Lawu dengan ketinggian 3.265 mdpl.

Secara geografis, tekstur dataran di Jawa Tengah sendiri seperti segitiga, bagian utara merupakan dataran rendah dengan elevasi yang kini hampir rata dengan permukaan laut, bagian tengah merupakan daerah pegunungan dan dataran tinggi yang luas, sedangkan bagian selatan merupakan dataran rendah yang sempit dengan beberapa perbukitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya