SOLOPOS.COM - ilustrasi

Solopos.com, KLATEN — Desa Tawangrejo, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, menjadi salah satu desa siaga secara kebencanaan. Padahal desa tersebut masuk dalam daftar desa tertinggal.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com dari Indeks Desa Membangun (IDM) oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) 2021, menyebutkan Desa Tawangrejo, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, masuk ke dalam desa tertinggal. Desa tersebut menempati peringkat 57.462 dari seluruh desa di Indonesia dengan nilai IDM sebesar 0,5943.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sebagai informasi, desa tertinggal atau desa pramadya adalah sebuah desa dengan nilai IDM kurang dan sama dengan 0,5989 dan lebih besar dari 0,4907.

Meski seperti itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Bayat, Abadi, mengatakan Desa Tawangrejo secara kebencanaan merupakan desa siaga.

“Mungkin satu-satunya di Kabupaten Klaten yang siap itu Tawangrejo [fasilitas kebencanaan yang siap],” kata Abadi saat ditemui Solopos.com, di kantor desa Tawangrejo, Kamis (2/6/2022).

Baca Juga: Waspadai Angin Kencang, BPBD Klaten Imbau Pangkas Pohon Jumbo

Ia menambahkan fasilitas siaga bencana di setiap Rukun Warga (RW) dipastikan tersedia. Fasilitas itu, seperti genset, helm bencana, gergaji mesin untuk pohon tumbang, pelampung dan jas hujan saat banjir sudah disiapkan di setiap RW.

“Bahkan untuk mobil ambulans di sini [Tawangrejo] juga ada,” tutur Abadi.

Ia mengatakan kelengkapan fasilitas siaga bencana dikarenakan konsentrasi utama Desa Tawangrejo sejak 2019 merupakan keamanan dan kenyamanan masyarakat Desa Tawangrejo.

Baca Juga: BENCANA ALAM KLATEN : Pembangunan Jalur Evakuasi Merapi Dikebut

“Kalau dua itu [keamanan dan kenyamanan] sudah terpenuhi, baru masyarakat diajak mengejar Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Abadi.

Senada dengan Abadi, Kepala Desa (Kades) Tawangrejo, Susanta, mengatakan setiap RW di desanya dipastikan sudah memiliki fasilitas siaga bencana.

“Semuanya sudah ada di setiap RW,” kata Susanta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya