SOLOPOS.COM - Ilustrasi lockdown karena pandemi virus corona. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Warga di permukiman kumuh Myanmar memakan reptil dan tikus demi bertahan hidup selama lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona diberlakukan.

Setelah gelombang pertama Covid-19 melanda Myanmar pada Maret 2020, Ma Suu, 36, menutup kios saladnya dan menggadaikan perhiasan dan emasnya untuk membeli makanan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selama gelombang kedua Covid-19, ketika pemerintah mengeluarkan perintah tinggal di rumah pada September untuk Yangon, Ma Suu menutup kiosnya lagi dan menjual pakaian, piring, dan pancinya.

Nilai Bantuan Sosial Beda-Beda, Warga Wonogiri Jangan Ada Kecemburuan!

Karena tidak ada yang tersisa untuk dijual, suaminya, seorang pekerja konstruksi yang kini menganggur, terpaksa berburu makanan di saluran pembuangan air di daerah kumuh tempat mereka tinggal di pinggiran kota terbesar di Myanmar.

"Orang-orang memakan tikus dan ular. Tanpa penghasilan, mereka perlu makan seperti itu untuk memberi makan anak-anak mereka," kata Ma Suu sambil menangis, dikutip dari Reuters, Jumat (23/10/2020).

Mereka tinggal di Hlaing Thar Yar, salah satu lingkungan termiskin Yangon, di mana penduduknya membawa senter di semak-semak tepi kali belakang rumah mereka untuk mencari makhluk nokturnal demi menghilangkan rasa lapar.

Memenuhi Nutrisi

Keluarga miskin di perkotaan memakan tikus, reptil, dan serangga untuk memenuhi nutrisi mereka, seperti halnya warga pedesaan.

Lockdown di Yangon menyebabkan ratusan ribu orang, seperti Ma Suu, tanpa pekerjaan dan tak menerima penghasilan sepeser pun.

Myanmar mencatat 40.000 lebih kasus dan 1.000 kematian, menjadikan Myanmar sebagai negara dengan salah satu kasus Covid-19 terburuk di Asia Tenggara.

Pejabat lokal Nay Min Tun mengatakan 40 persen rumah tangga di wilayahnya, di Hlaing Thar Yar, telah menerima bantuan tetapi banyak tempat kerja ditutup dan orang-orang semakin putus asa.

Mendiang Didi Kempot Masuk Nominasi AMI Awards 2020

Myat Min Thu, anggota parlemen partai yang berkuasa untuk daerah tersebut, mengatakan bantuan pemerintah dan sumbangan pribadi sedang didistribusikan tetapi mengakui tidak semua orang tercakup bantuan.

Krisis telah membayangi pemilihan umum yang direncanakan pada 8 November 2020, meskipun peraih Nobel Aung San Suu Kyi diperkirakan masih akan menang dengan selisih yang cukup.

Pun sebelum pandemi, sepertiga dari 53 juta orang Myanmar dianggap "sangat rentan" untuk jatuh ke dalam kemiskinan, meskipun ada kemajuan baru-baru ini setelah negara itu bangkit dari isolasi yang menghancurkan selama beberapa dekade di bawah junta militer.

Polisi Tetapkan Gus Nur Jadi Tersangka Ujaran Kebencian

Tekanan finansial sekarang mengancam untuk menjerumuskan banyak orang kembali ke dalam kemiskinan atau menekan peluang mereka untuk keluar dari angka kemiskinan.

Kembali ke Dalam Kemiskinan

Kemiskinan di kawasan Asia Timur dan Pasifik yang sedang berkembang akan meningkat untuk kali pertama dalam 20 tahun karena Covid-19, kata Bank Dunia pada September, dengan sekitar 38 juta diperkirakan tetap berada atau dipaksa kembali ke dalam kemiskinan.

Pemerintah Myanmar telah menawarkan kepada rumah tangga miskin paket makanan satu kali dan tiga hibah tunai masing-masing US$15 (Rp220.000) sebagai bagian dari rencana bantuannya, tetapi keluarga mengatakan bantuan tidak mencukupi.

Sebuah survei dari ONow Myanmar terhadap 2.000 lebih orang di seluruh negeri pada April menemukan 70 persen telah berhenti bekerja dan seperempat telah mengambil pinjaman untuk makanan, obat-obatan, dan kebutuhan pokok lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya