SOLOPOS.COM - Dari kiri ke kanan, Herson Rikumau, Muhammad Bilal dan Tri Mardiyanto merupakan deretan caleg DPRD Kota Solo yang diusung PSI pada Pemilu 2024. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sebagai partai politik (parpol) yang terbilang masih muda, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak mau kalah dalam menyongsong kontestasi Pemilu 2024.

Salah satunya dengan menyiapkan sejumlah calon anggota legislatif (caleg) untuk duduk di kursi DPRD Solo. Di antara para caleg PSI tersebut, ada beberapa nama yang tidak boleh dipandang sebelah mata oleh para kompetitor dari partai lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti nama Herson Rikumau, 33, yang tercatat sebagai warga Krembyongan RT 002/RW 007 Kadipiro, Banjarsari. Di Pileg 2024, dia di-plot maju sebagai caleg DPRD Solo dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV Solo yang meliputi Kelurahan Nusukan dan Kadipiro.

“Di Pileg 2019, saya sudah maju sebenarnya. Saat itu saya maju dari Dapil V Jebres dan berhasil membantu Mas Yoga [Antonius Yogo Prabowo, Ketua DPD PSI Solo] untuk duduk di DPRD Solo. Di Pileg 2024 saya maju lagi, lewat Dapil IV Solo,” tutur dia.

Laki-laki yang berprofesi sebagai perawat RS Panti Waluyo Solo itu mengaku ingin mengabdikan pengetahuan dan kemampuannya di bidang kesehatan untuk masyarakat Solo. “Saya ingin memberikan sumbangsih untuk warga Solo,” imbuh dia.

Baca Juga: Langgar Perda, Spanduk Anies-Aher dan Ganjar-Yenny Diturunkan Satpol PP Solo

Apalagi Herson selama ini aktif di beberapa organisasi yang menempanya menjadi sosok yang peka terhadap persoalan kesehatan masyarakat. Seperti saat ini dia menjabat sebagai Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DPK Panti Waluyo Solo.

Herson juga pernah aktif di BEM hingga Ketua PMK 2010-2011 STIKES Kusuma Husada Solo. Dalam aktivitas sehari-hari, dia aktif menyambangi para orang lansia untuk memeriksa kesehatannya. Sebab dia menjabat Ketua Divisi Kesehatan DPD PSI Solo.

Selain Herson, ada nama Tri Mardiyanto, 35, asal Manahan, Banjarsari. Pengusaha biro pariwisata itu akan maju sebagai caleg DPRD Solo dari Dapil III yang meliputi 11 kelurahan. Seperti Herson, Tri pernah maju sebagai caleg PSI pada kontestasi Pileg 2019.

Baca Juga: DPC-Anak Ranting Gerindra Solo Mulai Bergerak Menangkan Prabowo di Pemilu 2024

Kegagalannya kala itu masuk ke parlemen Solo tidak mematahkan semangatnya untuk bisa menjadi wakil rakyat. “Saya merasa terpanggil untuk bisa berkiprah di DPRD Solo guna membantu menjalankan fungsi pengawasan ke eksekutif,” tutur dia.

Pemuda yang kini menjabat sebagai Sekretaris DPD PSI Solo itu juga ingin menyampaikan aspirasi masyarakat di sekitar tempat tinggalnya kepada Pemkot Solo. “Antara eksekutif dan legislatif bisa berimbang. Kepentingan rakyat diutamakan,” tegas dia.

Sementara di Dapil I Solo yang meliputi Pasar Kliwon dan Serengan ada nama Muhammad Bilal, 28. Pemuda yang kini menjabat sebagai Direktur Advokasi DPD PSI Solo itu merasa masih banyak aspirasi dari masyarakat yang perlu diperjuangkan.

Baca Juga: Masih Jauh! DPC PDIP Wonogiri Belum Tentukan Calon Bupati 2024

“Saat ini tidak cukup bersikap kritis, tapi harus bisa masuk ke sistem itu sendiri. Dengan begitu kami bisa membantu memperjuangkan aspirasi rakyat. Terlebih kami baru punya satu wakil di DPRD Solo. Ke depan kami yakin bisa bentuk fraksi sendiri,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya