SOLOPOS.COM - Sebuah panggung berdiri megah di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen, Minggu (31/12/2017). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN — Di bawah ini terdapat beberapa tempat wisata di Sragen, Jawa Tengah, yang cocok dikunjungi bersama keluarga, sanak saudara, kerabat, pasangan, maupun sahabat.

Kabupaten yang terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah ini ternyata menyimpan beberapa lokasi wisata yang menarik dikunjungi.

Promosi Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Baca Juga:  Biodata Mbah Minto, Artis Parodi Gagal Mudik yang Meninggal Dunia

Mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata sejarah, hingga wisata kuliner ada di kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati ini.

Lalu, kira-kira apa saja tempat wisata yang ada di Sragen?

Baca Juga:  Kisah Misteri Pesantren Jin di Sragen, Ada Asrama Gaibnya Juga

Berikut 9 di antaranya, yang Solopos.com rangkum dari situs resmi Pariwisata.sragenkab.go.id.

Tempat Wisata di Sragen

1. Air Terjun dan Desa Wisata Sambilenguk

Grojokan Teleng terletak di Dukuh Sambilenguk, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Sragen, Minggu (27/3/2016). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)
Grojokan Teleng terletak di Dukuh Sambilenguk, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Sragen, Minggu (27/3/2016). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

Desa wisata yang jarang diketahui orang ini berlokasi di Dukuh Sambilenguk, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sambirejo atau berada sekitar 10 km dari Candi Cetho dan Kebun Teh Kemuning di Karanganyar.

Di desa wisata ini terdapat air terjun yang begitu indah yang cocok untuk melepas penat setelah sibuk dengan pekerjaan sehari-hari.

Baca Juga:  Syuting di Pengungsian Semeru, Warga Lumajang Boikot Sinetron Ini

2. Pemandian Air Panas Bayanan

bayanan
Gerbang masuk Objek Wisata Pemandian Air Panas Bayanan.(Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Tempat wisata di Sragen yang juga jarang diketahui orang ada Pemandian Air Panas Bayanan yang berlokasi di Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo atau sekitar 20 km dari pusat Kota Sragen.

Destinasi wisata menarik ini berada di lingkungan hutan yang begitu asri yang dilengkapi dengan beragam fasilitas untuk berendam di air panas, seperti tujuh buah bak untuk berendam, kolam renang anak, dan juga ada kolam ikan, aneka satwa, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Disebut Dekat dengan Kevin Sanjaya, Ini Profil Valencia Tanoesoedibjo

3. Taman Ndayu Park

Sejumlah pengunjung menikmati wahana permainan yang ada di Taman Edukasi Ndayu Park, Desa Saradan, Kecamatan Karangmlang, Sragen, akhir pekan kemarin. (Eni Widiastuti/JIBI/SOLOPOS)

Tempat wisata di Sragen ini tentunya sudah banyak diketahui masyarakat, yakni Taman Ndayu Park yang berlokasi di Karangmalang.

Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam berupa sungai, hutan, taman dan juga kebun binatang mini. Kamu juga bisa berpetualang sembari memancing, naik perahu, dan juga camping.

Baca Juga:  Daftar Pemain Serial Drama Layangan Putus, Lengkap dengan Biodatanya

4. Waduk Gebyar

Waduk Gebyar yang juga biasa disebut Waduk Bayut terletak di Desa Jambeyan, Sambirejo, Sragen. (M Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)
Waduk Gebyar yang juga biasa disebut Waduk Bayut terletak di Desa Jambeyan, Sambirejo, Sragen. (M Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Ada yang tahu tempat wisata di Sragen satu ini? Waduk yang begitu indah ini berlokasi di Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo.

Waduk ini terletak di atas bukit ketinggian 200 mdpl. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan apik sembari memancing. Seru bukan?

Baca Juga:  Mitos Warga Daerah Ini Dilarang Mendaki Gunung Lawu, Apa Alasannya?

5. Desa Wisata Betisrejo

Tempat wisata menarik lainnya di Sragen ada Desa Wisata Betisrejo yang berlokasi di Kecamatan Sambirejo.

Betisrejo ini merupakan akronim dari tiga desa, yakni Jambeyan, Jetis dan juga Sukorejo. Di sini, udaranya begitu sejuk karena berada di 400-500 mdpl. Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, seperti berenang, berburu spot foto yang asyik, outbond, dan juga wisata tubing.

Baca Juga:  Heboh Selebgram TE Terlibat Prostitusi, Netizen Sebut Nama Ini

6. Pasar Bahulak

Pasar Bahulak di Karungan Sragen ditutup
Suasana Pasar Bahulak yang dikelola BUM Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen. Foto diambil Jumat (1/1/2021). (Espos/Tri Rahayu)

Tempat wisata yang menarik dikunjungi di Sragen selanjutnya ada Pasar Bahulak yang berlokasi di Karungan, Plupuh.

Wisata yang buka setiap Minggu Pahing dan Legi dari pukul 06.00-10.00 WIB ini, kamu bisa menikmati jajanan kuliner yang jarang ditemui di perkotaan. Selain itu, di Pasar Bahulak juga terdapat penampilan kesenian tradisional yang sayang untuk dilewatkan.



Baca Juga: Tempat Wisata Menarik di Karanganyar yang Apik Buat Foto-foto

7. Hutan Kota Ekowisata Sragen

Hutan kota yang semula tidak terawat dan banyak sampah dedaunan kini menjadi pusat olahraga warga di Sragen, (Tri rahayu/Solopos)
Hutan kota yang semula tidak terawat dan banyak sampah dedaunan kini menjadi pusat olahraga warga di Sragen, (Tri rahayu/Solopos)

Bagi kamu yang ingin berwisata di sekitar pusat kota Sragen, kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini, Hutan Kota Ekowisata Sragen.

Ada 100 jenis pohon, seperti cendana, gaharu, salam, sawo kecik, dan jenis pohon lainnya ditanam di sini. Selain itu, ada juga embung, jalan setapak, gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati suasana asri di Hutan Kota Ekowisata Sragen.

Baca Juga:  Ini Dia Sosok Istri Habib Bahar bin Smith, Bersuara Merdu dan Cantik

8. Museum Manusia Purba Sangiran

museum sangiran sragen wisata
Suasana di lingkungan Museum Manusia Purba Sangiran Rabu (31/3/2021). (Solopos-Moh. Khodiq Duhri)

Belum lengkap rasanya kalau ke Sragen tidak mengunjungi tempat wisata satu ini, Museum Manusia Purba Sangiran.

Di sini, kamu bisa melihat gambaran kehidupan manusia purba secara lengkap yang cocok untuk sarana pendidikan anak-anak.

Lokasi wisata ini berada di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe.

Baca Juga:  Biodata Habib Bahar bin Smith, Ulama Pendiri Majelis Pembela Rasulullah

9. New Kemukus

the new kemukus sragen
Sejumlah warga berlalu-lalang di gerbang menuju The New Kemukus yang terletak di Dukuh Barong, Sumberlawang, Sragen, Jumat (26/11/2021). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Tempat wisata menarik lainnya di Sragen juga ada New Kemukus.

Di sini, kamu bakal menemukan relief yang mengisahkan perjalanan Pangeran Samudro, yang dimakamkan di area ini. Terdapat fasilitas keren yang bisa kamu dapatkan di New Kemukus dan cocok dijadikan spot foto bersama keluarga.

Baca Juga:  Viral Video Jembatan Shiratal Mustaqim, di Mana Lokasinya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya