SOLOPOS.COM - Embung Manajar Boyolali. (boyolali.go.id)

Solopos.com, BOYOLALI — Kawasan Selo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, memiliki banyak objek wisata yang masih baru atau sudah cukup lama berdiri. Nyaris semua tempat piknik di Selo menawarkan kecantikan alam pegunungan karena lokasinya yang ada di lereng Gunung Merapi dan Merbabu.

Keberadaan objek wisata baru di Selo Boyolali menambah referensi bagi Anda yang ingin menghabiskan libur Lebaran ini dengan melancong bersama kawan atau keluarga. Simak lokasi wisata di Selo Boyolali yang wajib Anda kunjungi seperti dirangkum dari sejumlah sumber, Kamis (5/5/2022):

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1. New Selo

wisata selo boyolali
Kawasan New Selo Boyolali (Youtube)

Akses jalan menuju kawasan wisata New Selo di Dusun III, Desa Samiran, Selo, cukup terjal. Sehingga siapa pun yang hendak berkunjung ke wisata ini diimbau agar berhati-hati. Perjalanan yang mendebarkan ke New Selo akan diganjar pemandangan indah lereng Gunung Merapi dan Merbabu yang cocok dijadikan spot foto. New Selo juga berfungsi sebagai Pos Pengamatan Gunung Berapi.

2. Embung Manajar

Tempat ini merupakan satu dari sekian tempat penampungan air yang dibangun di Boyolali. Istimewanya, Embung Manajar dibangun di dataran tinggi, di lereng Gunung Merbabu wilayah Desa Samiran, Kecamatan Selo. Pemandangan alam dari dataran tinggi, terlebih lokasinya yang menghadap Gunung Merapi, sangat menarik. Jalur menuju Embung Manajar cukup terjal. Untuk menuju embung itu, pengunjung harus melewati jalan cor selebar sekitar satu meter.

Baca juga: Populer Berkat Pemandangan Nan Indah, Ini Sejarah Unik Selo Boyolali

3. Desa Wisata Samiran

wisata selo boyolali
Desa Samiran, Kecamatan Selo, menawarkan wisata agro. (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos)

Objek wisata ini dirintis dirintis oleh sekelompok kecil masyarakat Samiran yang peduli dengan perkembangan kepariwisataan. Desa Wisata Samiran Boyolali atau disingkat Dewi Sambi terletak di wilayah administratif Desa Samiran, Selo, Kabupaten Boyolali. Mengutip laman desawisatasamiranboyolali.com dan kemenparegraf.go.id, Desa Wisata Samiran menawarkan beragam paket wisata seperti soft tracking dan hard tracking ke Merapi dan Merbabu, live in dengan warga lokal, menyaksikan tarian tradisional, berburu golden sunrise, dan lainnya.

4. Bukit Sanjaya

bukit sanjaya selo wisata baru
Suasana Bukit Sanjaya di Selo Boyolali. (Solopos-Magdalena Naviriana Putri)

Wisatawan yang datang ke Bukit Sanjaya Selo Boyolali adalah mereka yang menyukai pemandangan alam dan menyukai spot wisata untuk selfie yang instagramable. Di tempat ini banyak sekali terdapat spot selfie, misalnya gerbang atau gapura yang pemandangan di tengahnya tepat garis lurus dengan puncak Merapi, patung–patung unik, penginapan, dan lainnya. Bukit Sanjaya berada di Dusun IV, Desa Samiran, Kecamatan Selo,

Pemilik objek wisata, Sulis Sugiarto Sanjaya, Rabu (23/2/2022), mengaku ratusan patung di Bukit Sanjaya bukti kecintaannya pada kesenian. “Tidak hanya khusus Jawa, ada nuansa lain, seperti suara seruling Sunda di atas [bukit], dengan bangunan seperti [khas] Bali. Campuranlah budaya nusantara,” jelas Sulis.

5. Simpang PB VI Selo

Jalur Boyolali-Selo
Warga beraktivitas di Taman Simpang PB VI Selo dengan latar belakang Gunung Merapi, Kamis (5/5/2022). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Keberadaan patung Sri Susuhunan Pakubuwono (PB) VI di Selo Boyolali menjadikan kawasan publik tersebut dinamakan Simpang PB VI Selo. Berada di jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB), kawasan itu bisa menjadi jujugan wisata spiritual. Menurut sejarah, PB VI pernah bergerilya bersama Pangeran Diponegoro melawan penjajah.

Baca juga: Asyiknya Selfie Berlatar 7 Gunung di Oemah Bamboo Selo Boyolali

6. Gunung Nganten

wisata selo boyolali
Wisata Gunung Nganten di Desa Lencoh, Selo, Boyolali. (wisata.disporapar.boyolali.go.id)

Gunung Nganten berada di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, menyajikan spot foto persis di depan Gunung Merapi. Mengutip wisata.disporapar.boyolali.go.id, pengunjung cukup bayar parkir untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi di Gunung Nganten.Tersedia aneka kuliner dan camping ground, musala dan kamar mandi.

7. Alam Sutra Selo

wisata baru Boyolali
Wisata Alam Sutra di Selo Boyolali. (Instagram @alamsutraselo)

Wisata alam Boyolali ini berada di Dusun Pojok, Kelurahan Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Dikutip dari datawisata.com, di lokasi wisata ini ada banyak spot yang keren sebagai background foto. Di antaranya gardu pandangan bertuliskan “Alam Sutra” dan ornamen yang dibentuk menyerupai simbol hati dan terbuat dari bahan bambu.

8. Oemah Bamboo

oemah bamboo merapi selo
Oemah Bamboo Merapi di Selo, Boyolali. (Instagram @oemahbamboomerapi)

Oemah Bamboo Merapi berada tepat di belakang New Selo, Dukuh Plalangan, Lencoh, Selo, Boyolali. Sesuai namanya, seperti dikutip dari sejumlah sumber, Senin (11/4/2022), Oemah Bamboo Merapi di Selo merupakan bangunan yang terbuat dari batang-batang bambu. Jika cuaca cerah, pengunjung bisa melihat tujuh gunung dari gardu pandang di Oemah Bamboo Merapi itu. Yakni Gunung Merapi dan Merbabu, Gunung Lawu di Karanganyar, Gunung Sundoro dan Sumbing, Gunung Telomoyo, bahkan puncak Gunung Slamet bisa terlihat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya