SOLOPOS.COM - Keripik buah Malang. (IG @kripik_buah_mlg)

Solopos.com, MALANG — Malang menjadi salah satu daerah wisata populer yang ada di Jawa Timur. Ada beragam tempat wisata seperti wisata alam, museum, wisata edukasi, hingga wisata religi.

Saat berada di tempat wisata, salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah oleh-oleh. Sebagai daerah wisata, Malang memiliki sejumlah jajanan khas yang kerap dijadikan oleh-oleh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagai daerah penghasil buah apel di Jawa Timur, ada banyak olahan jajanan yang terbuat dari apel yang bisa dijadikan oleh-oleh. Namun, bukan hanya apel saja, tetapi juga ada banyak kudapan lain yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Berikut ini jajanan khas Malang yang bisa jadi oleh-oleh:

Ekspedisi Mudik 2024
  1. Sari Apel

Sari Apel merupakan minuman populer khas Malang yang terbuat dari sari buah apel. Sari apel dikemas dalam gelas atau botol plastik dan dimasukan dalam kardus. Memiliki rasa asam manis seperti buah apel. Minuman ini tidak pernah absen untuk dijadikan oleh-oleh ketika mengunjungi Malang. Minuman sari apel ini sangat digemari masyarakat Malang sendiri ataupun wisatawan. Minuman ini bisa juga dijadikan suguhan saat hari Lebaran.

  1. Keripik Buah

Keripik buah tak pernah dilupakan saat mampir ke Malang. Camilan berbahan dasar buah ini mudah ditemukan di pusat oleh-oleh di Malang. Wisatawan yang datang pun kerap memborong camilan satu ini. Bukan hanya keripik apel saja, namun camilan buah-buahan lainnya pun ada seperti keripik nangka, rambutan, dan kelengkeng. Keripik ini cocok dijadikan camilan di rumah atau juga bisa dijadikan buah tangan.

  1. Keripik Tempe

Selain keripik buah, ada juga keripik tempe. Seperti namanya, bahan utama makanan ini adalah tempe. Seperti keripik tempe pada umumnya, jajanan ini memiliki cita rasa gurih dan krispi. Rasa dari keripik tempe ini umumnya gurih dan asin. Namun, ada juga keripik tempe dengan varian rasa seperti keju, balado, dan sapi panggang. Keripik cocok dijadikan camilan yang nikmat atau lauk pendamping nasi.

  1. Pia Mangkok

Jika Jogja punya Bakpia Pathok, Kota Jember punya Pia Tape, Malang punya Pia Mangkok. Pia Mangkok khas Malang ini rasanya tak kalah lho dengan pia khas daerah lain. Terdapat berbagai varian rasa seperti keju, coklat, kacang hijau, dan durian. Dilansir dari berbagai sumber Pia Mangkok hanya bertahan selama dua pekan.

  1. Malang Strudel

Malang Strudel adalah kue berlapis olahan pastry yang di dalamnya diisi oleh isian buah-buahan. Kue ini termasuk baru yakni baru dikenal 2014 dan termasuk makanan hits kekinian. Di dalam kue ini terdapat varian rasa buah seperti apel, pisang, nanas dan strowberi. Jika penasaran sama rasanya jangan lupa untuk mencicipi saat mengunjungi Kota Malang ya.

  1. Jenang Apel

Tak bosan-bosan dengan olahan apel. Jajanan satu ini adalah jenang yang terbuat dari serat apel. Jenang Apel diolah dari sari pati apel atau bisa dibilang bubur apel. Kudapan ini cocok untuk dijadikan camilan. Selain enak, camilan ini juga menyehatkan karena terbuat dari sari buah. Karena sangat alami masa simpan Jenang Apel ini hanya tiga bulan.

oleh-oleh khas malang
jenang apel Malang (IG @bagus_agrisetamandiri)
  1. Ledre Pisang Bangka

Setelah disuguhkan dengan berbagai olahan apel, sekarang kita beralih ke kudapan berbahan pisang. Bagi para pecinta crepes mungkin akan suka dengan jajanan Ledre Pisang ini. Jajanan ini banyak ditemukan di pusat oleh-oleh khas Malang dan cocok untuk dijadikan camilan. Selain itu membawa makanan unik untuk buah tangan juga pilihan yang bagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya