SOLOPOS.COM - Masjid Agung Jawa Tengah. (Indonesiakaya.com)

Solopos.com, SEMARANG — Bulan puasa atau Ramadan menjadi momen bagi umat muslim untuk lebih taat beribadah, terutama di masjid. Nah, di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), ada sejumlah masjid yang memiliki arsitektur bangunan cukup unik.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) ada sekitar 1.308 masjid yang tersebar di berbagai wilayah di Kota Semarang. Dari sekian banyak masjid itu, beberapa di antaranya cukup terkenal karena memiliki nilai historis seperti Masjid Agung Kauman dan Masjid Sekayu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain kedua masjid itu ada juga masjid di Kota Semarang yang memiliki bangunan cukup megah, seperti Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT.

Baca juga: Ini Dia 4 Masjid di Semarang dengan Bangunan Unik

Namun di luar rupanya ada juga beberapa masjid di Kota Semarang yang memiliki desain dan bangunan yang unik. Berikut empat masjid di Kota Semarang yang memiliki gaya arsitektur atau bangunan yang cukup unik.

1. Masjid Agung Semarang

tempat ngabuburit semarang
Masjid Agung Semarang, Kauman, Kota Semarang. (Istimewa/simas.kemenag.go.id/)

Masjid Agung Semarang dikenal juga dengan sebutan Masjid Gede Kauman. Masjid ini terletak di Kampung Kauman, Kota Semarang, atau dekat dengan kawasan Pasar Johar yang pada bulan Januari lalu diresmikan Presiden Joko Widodo.

Masjid Besar Kauman dibangun pada awal abad ke-16 dan saat ini masuk dalam daftar Bangunan Cagar Budaya (BCB). Pengaruh Walisongo kental terlihat dalam arsitektur Masjid Agung Semarang. Ini bisa dilihat dari atap masjid yang berbentuk tajuk tumpang tiga. Arsitektur masjid ini juga mirip dengan Masjid Agung Demak yang dibangun pada masa Kesultanan Demak.

Dikutip dari wikipedia.id, atap tingkat tiga Masjid Agung Semarang merupakan representasi dari makna filosofi Iman, Islam, dan Ikhsan. Arsitektur Masjid Agung Semarang ini sering disebut dengan konsep tektonika. Sistem yang mirip dengan struktur tumpang pada bangunan tumpang berpenyangga berpilar lima pada bangunan bangunan pra Islam di tanah Jawa.

2. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

masjid unik semarang
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Masjid Agung Jawa Tengah atau yang populer disingkat MAJT terletak di Jalan Gajah, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Masjid ini dibangun pada 2001 dan selesai pada 2006 silam. Masjid yang berdiri di atas lahan 10 hektare ini diresmikan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 14 November 2006.

Bangunan masjid ini mencampurkan gaya arsitektural Jawa, Islam, dan Romawi. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa, tapi di bagian ujungnya dilengkapi kubah besar berdiameter 20 meter, ditambah dengan 4 menara setinggi 62 meter.

MAJT tidak hanya disiapkan sebagai tempat ibadah, tapi juga objek wisata religi. Untuk menunjang tujuan itu, MAJT dilengkapi dengan wisma penginapan dengan kapasitas 23 kamar, sehingga peziarah bisa bermalam di lokasi tersebut.

3. Masjid Kapal Pesiar

masjid unik semarang
Masjid Kapal Pesiar. (Instagram @hendrarprihadi)

Masjid memiliki desain yang cukup unik. Bangunan masjid ini berbeda dari masjid pada umumnya karena berbentuk kapal.

Masjid yang diberi nama Masjid Jami Haji Soenarto ini terletak di Kampus Akpelni Kota Semarang, Bendan Dhuwur, Kecamatan Gajahmungkur.

Baca juga: Bubur India, Sajian Khas Buka Puasa di Masjid Pekojan Semarang

4. Masjid Bahtera Nabi Nuh

masjid unik semarang
Masjid berbentuk kapal di Ngaliyan, Semarang, dipadati pengunjung jelang buka puasa, Sabtu (28/5/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Masjid Bahtera Nabi Nuh sejatinya memiliki nama asli Masjid As Safinatun Najah. Kehadiran masjid ini sempat viral di media sosial pada 2017 karena bentuk bangunannya yang menyerupai kapal besar. Hal ini pun membuat masjid tersebut lebih dikenal dengan sebutan Masjid Bahtera Nabi Nuh.

Masjid ini terletak di pinggiran Kota Semarang, atau cukup jauh dari pusat kota. Lokasinya tepatnya berada di Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

5. Masjid Kontainer

masjid unik semarang
Masjid Kontainer di Semarang. (Instagram)

Jika Masjid Bahtera Nabi Nuh terletak di pinggiran kota, maka lain halnya dengan Masjid Kontainer. Masjid Kontainer berlokasi di dalam kota, tepatnya di Jalan MH Thamrin, Pekunden, Kota Semarang.

Masjid ini sebenarnya memiliki nama asli yakni Masjid Achmad bin Adenan. Namun lebih populer disebut masjid kontainer karena dibangun dari tumpukan kotak kargo atau kontainer.

Masjid ini dibangun menggunakan empat kontainer yang diletakan berjajar dan membentuk persegi panjang. Dinding bagian tengah dihilangkan agar ruangan di dalam masjid menjadi luas dan bisa menampung 40 jemaah putra dan putri.

Baca juga: Jejak Para Wali di Masjid Sekayu Semarang, Lebih Tua dari Masjid Agung Demak?



Meski terbuat dari kontainer, jemaah tidak perlu khawatir kepanasan karena disiapkan tiga unit mesin pendingin ruangan di dalam masjid. Selain itu, atap masjid dibuat dari galvalum dengan plavon fiber yang bisa meredam panas matahari.

Di sekitar Masjid Kontainer juga terdapat taman hijau sebagai tempat refreshing bagi jemaah sesuai menjalankan ibadah.

6. Masjid Taman Terakota

Masjid Taman Terakota terbilang cukup baru dan banyak warga Kota Semarang yang masih asing mendengarnya. Masjid ini terletak di kompleks Citra Grand Semarang di daerah Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Nah, itulah enam masjid yang memiliki gaya arsitektur atau bangunan unik di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Sebenarnya masih banyak lagi masjid di Kota Semarang yang unik dan bersejarah, seperti Masjid Taqwa Sekayu dan Masjid Layur. Nah, mana yang menjadi favoritmu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya