SOLOPOS.COM - Ilustrasi mal. (Dok. JIBI/Bisnis/Antara-Indrianto Eko Suwarso)

Solopos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memiliki puluhan pusat perbelanjaan atau mal yang tersebar di berbagai kabupaten/kota. Dari puluhan mal atau pusat perbelanjaan itu ada beberapa di antaranya yang dianggap sebagai mal terbesar di Jateng.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, setidaknya ada sekitar 51 mal yang tersebar di berbagai wilayah di Jateng. Hal ini pun membuat Jateng menjadi provinsi keempat dengan jumlah mal terbanyak di Indonesia, di bawah Jawa Barat (Jabar) dengan 118 mal, DKI Jakarta dengan 96 mal, dan Jawa Timur (Jatim) dengan dengan 77 mal.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Dari 51 mal yang ada di Jateng ini beberapa di antaranya merupakan mal dengan kategori mewah. Hal ini dikarena selain memiliki luas bangunan yang cukup luas, mal-mal ini juga memiliki ratusan tenant atau gerai yang menawarkan produk-produk internasional hingga lokal.

Mal-mal ini pun selalu ramai dikunjungi terutama saat hari libur maupun menjelang Lebaran seperti saat ini. Terlebih lagi, mal-mal ini kerap menawarkan diskon belanja yang menarik perhatian pengunjung untuk berbelanja, terutama menjelang Lebaran atau hari raya Idulfitri.

Berikut 5 mal terbesar di Jateng yang diolah Solopos.com dari berbagai sumber:

Baca juga: Enam Mal di Semarang Sudah Buka, Ini Kata Wali Kota Hendi

1. Paragon City Mall Semarang

Paragon City Mall atau Mal Paragon terdapat di dua kota di Jateng, yakni Solo dan Semarang. Meski dari dua Mal Paragon itu, yang berada di Kota Semarang yang dianggap lebih luas atau terbesar.

Paragon City Mall Semarang atau yang dikenal juga dengan Pollux Mall Paragon ini terletak di Jalan Pemuda No. 118, Kota Semarang. Mal atau pusat perbelanjaan ini bisa dikategorikan sebagai yang terbesar di Jateng karena memiliki luas bangunan mencapai 120.000 meter persegi. Mal ini terdiri dari tujuh lantai dan di atasnya ada hotel bintang lima PO Hotel. Mal ini juga terdapat bioskop Cineplex 21 Group.

Berada di mal ini, pengunjung akan disuguhkan nuansa modern dan mewah. Terdapat 180 tenant nasional dan juga internasional di mal ini, sehingga bisa memuaskan pengunjung untuk berbelanja.

2. Hartono Mall Solo Baru

Baca juga: Tak Mampu Kelola Pengunjung, Ganjar Minta Mal Tentrem Semarang Ditutup

Hartono Lifestyle Mall di Jateng terletak di kawasan Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo. Mal ini disebut-sebut sebagai mal terbesar di wilayah Soloraya, Jateng, dengan luas bangunan mencapai 100.000 meter persegi.

mal terbesar di jateng
Sejumlah pengunjung Hartono Mall berada di wahana Snow Wonderland, Minggu (22/12/2019). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Mal yang didirikan pada tahun 2012 ini memiliki 9 lantai dengan penyewa utamanya adalah Matahari Departement Store dan Hypermart. Mal ini juga dilengkapi dengan fasilitas parkir yang bisa menampung 1.300 mobil dan 350 motor.

3. Mall Tentrem Semarang

Mall Tentrem di Kota Semarang terletak di Jalan Gajahmada No. 123, Pekunden, Kecamatan Semarang Tengah. Mal ini terbilang baru karena baru dibuka pada pertengahan 2020 lalu, atau saat pandemi Covid-19 menerpa.

Mall Tentrem Semarang dibangun di atas lahan seluas 9.000 meter persegi. Meski demikian, mal ini memiliki luas bangunan mencapai 85.000 meter persegi. Mal ini juga dilengkapi dengan hotel mewah dan apartemen.

Baca juga: Alhamdulillah, Warga Jateng Boleh Gelar Salat Id di Lapangan

4. Solo Paragon Mall

mal terbesar di jateng
Sejumlah hotel berpartisipasi dalam Hotel Expo di Solo Paragon Mall pada Rabu – Minggu (10-14/3/2021). (Dok. Solopos)

Solo Paragon Lifestyle Mall merupakan salah satu mal terbesar di Kota Solo, Jateng. Solo Paragon Mall terletak di Jalan Yosodipuro No. 133, Kota Solo. Mal ini berdiri di atas lahan seluas 60.000 meter persegi yang terdiri dari 5 lantai.

Solo Paragon Mall juga dilengkapi dengan area parkir yang mampu menampung sekitar 1.000 mobil dan 700 motor. Mal ini kali pertama dibuka atau diresmikan pada 19 Januari 2012 lalu. Di mal ini terdapat berbagai gerai produk-produk internasional seperti Uniqlo. Mal ini juga dilengkapi bioskop jaringan Cineplex Bioskop 21 yakni Cinema XXI dan The Premier XXI. Selain itu, mal ini juga dilengkapi Centro Departement Store.

5. Mal Ciputra Semarang

Mal Ciputra Semarang berada di kawasan Simpang Lima, Kota Semarang. Mal ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jateng yang telah berdiri sejak 12 Desember 1993. Mal ini juga berdiri bersebelahan dengan Hotel Ciputra yang dimiliki Grup Ciputra sebagai anak usaha dari PT Ciputra Development.

Mal Ciputra Semarang dibangun di atas lahan seluas 20.000 meter persegi. Sementara luas bangunan mal ini mencapai 46.000 meter persegi. Mal ini berbentuk pulau segi enam yang terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar digunakan untuk toko eceran (retail shop) dan supermarket. Sementara lantai satu untuk departement store, toko eceran, kafe, mainan anak-anak, salon, dan toko buku. Sedangkan lantai kedua digunakan untuk departement store dan bioskop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya