SOLOPOS.COM - Lumpia Samijaya yang ada di kawasan Malioboro Jogja. (Instagram @lumpia_samijaya_malioboro)

Solopos.com, JOGJA — Malioboro menjadi tempat wisata paling populer di Kota Jogja. Banyak orang beranggapan, tak lengkap rasanya jalan-jalan di Jogja tanpa mengunjungi Malioboro. Selain menjadi tempat wisata belanja, Malioboro juga menjadi tempat wisata kuliner di Jogja.

Ada berbagai kuliner yang enak dan lezat tersedia di kawasan Malioboro. Berikut ini beberapa kuliner yang ada di kawasan Malioboro Jogja:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

  1. Gudeg Yu Djum

Tempat ini menyediakan kuliner khas Jogja yaitu gudeg. Lokasinya berada di kawasan Malioboro dan buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 22.00 WIB. Saat Anda lapar setelah berkeliling di kawasan Malioboro, kuliner Jogja ini harus dicoba. Gudeg Yu Djum ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat.

Baca Juga: Ombudsman Jogja Dalami Dugaan Malaadministrasi Kasus Klitih Gedongkuning

Menu makanan yang disajikan di tempat ini seperti nasi gudeg krecek dan dilengkapi berbagai lauk, seperti telur, dada, ati ampela, ayam suwir, dan lainnya. Untuk satu porsi gudeg dijual dengan harga antara Rp7.000 sampai Rp30.000, tergantung lauk yang dipilih.

Nasi-Gudeg-Yu-Djum-Jogja-.jpg gudeg yu narni kuliner malioboro jogja
Nasi-Gudeg-Yu-Djum-Jogja-.jpg (Instagram/@chitraria)
  1. Lumpia Samijaya

Lumpia Samijaya ini menjadi salah satu kuliner yang ada di kawasan Malioboro Jogja. Ini juga menjadi salah satu kuliner legendaris di Malioboro Jogja. Lumpia Samijaya buka mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB. Harganya mulai Rp5.000 sampai Rp6.000.

Lumpia Samijaya ini sudah ada sejak tahun 1976. Untuk isian lumpianya ada sayur dan ayam. Sedangkan untuk yang spesial isiannya sayur, telur puyuh, dan daging ayam. Untuk cara menikmatinya bisa dicocol dengan saus bawang putih, cabai, maupun dicampur acar.

Baca Juga: Ngaku Mahasiswa Kedokteran, Pemuda Ini Gondol Motor Milik Pacarnya

  1. Satai Kere Pasar Beringharjo

Kuliner legendaris lain yang ada di kawasan Malioboro Jogja adalah satai kere. Disebut satai kere karena tidak menggunakan daging sapi, melainkan jeroan sapi maupun tempe gembus. Dalam penyajiannya, satai kere ini dilengkapi dengan lontong dan disiram bumbu kacang.

Ada banyak pedagang satai kere yang ada di Pasar Beringharjo, tepatnya di sisi utara Benteng Vredeburg. Untuk harganya murah meriah, yakni Rp10.000 per porsi.

  1. Pecel Senggol Beringharjo

Pecel senggol ini juga menjadi kuliner khas di kawasan Malioboro Jogja. Warung pecel ini berada di sekitar Pasar Beringharjo. Salah satu yang khas di pecel senggol ini adalah menggunakan kembang turi sebagai pelengkap sayuran. Untuk satu porsi pecel bisa disantap dengan nasi maupun lontong. Untuk harganya pun hanya Rp8.000. Sedangkan lauk yang disediakan pun beragam, mulai ayam, tempe dan tahu bacem, telur, beragam satai, gorengan, dan lainnya.

Baca Juga: Bangkai Hiu Tutul Terdampar di Pantai Kulonprogo,Karena Perburuan Liar?

  1. Oseng Mercon Bu Narti

Kuliner di sekitar Malioboro Jogja lainnya adalah Oseng Mercon Bu Narti. Lokasinya tak jauh dari Malioboro, yakni di Jl. K. H. Ahmad Dahlan, Jogja. Oseng mercon ini sangat terkenal dan menjadi jujukan para pecinta kuliner pedas. Jam bukanya mulai pukul 17.00 WIB sampai 23.00 WIB. Untuk harganya satu porsi oseng mercon Rp30.000, itu belum termasuk nasi dan minuman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya