SOLOPOS.COM - Petugas gabungan melakukan evakuasi korban dari lokasi kecelakaan bus di Jalan Imogiri, Mangunan, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (6/2/2022). Hingga Minggu (6/2/2012). (Solopos.com - ANTARA/Dewangga)

Solopos.com, BANTUL — Peristiwa kecelakaan kembali terjadi di Jalan Imogiri, Mangunan, Bantul, Minggu (6/2/2022). Kali ini, kecelakaan tersebut melibatkan sebuah bus pariwisata yang mengangkut penumpang dari perusahaan garmen di Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), yang tengah menjalani wisata atau family gathering.

Bus mengalami kecelakaan diduga akibat rem blong sehingga menabrak tebing di Bukit Bego, Imogiri, Bantul, hingga menyebabkan 13 orang meninggal dunia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kendati demikian, kasus kecelakaan bus di Jalan Imogiri Mangunan Bantul itu bukanlah yang kali pertama terjadi. Harianjogja.com, jaringan Solopos Media Group, mencatat sudah ada empat peristiwa kecelakaan yang melibatkan bus di kawasan yang berada di dataran tinggi, dengan kondisi jalan yang menanjak dan menurun tajam serta bekelok tersebut.

Baca juga: Kecelakaan Bantul, Sopir Diduga Tabrakkan Bus ke Tebing Agar Aman

Berikut deretan peristiwa kecelakaan yang melibatkan bus di kawasan Mangunan, Imogiri, Bantul, terutama di lokasi Bukit Bego.

1. Kecelakaan 30 April 2017

Sebuah bus berpelat nomor AD 1569 BD mengalami rem blong dan menabrak Bukit Bego setelah melalui turunan dan tikungan. Sopir bus mengakui jika bus mendadak mengalami rem blong, hingga akhirnya ia pun membantingkan setir ke kanan untuk menghindari jurang.

Kala kejadian, bus tersebut mengangkut 30 orang penumpang. Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Seluruh penumpang dan kru bus selamat dari insiden tersebut.

2. Kecelakaan 3 Desember 2017

Bus pariwisata PO Langsung Jaya berpenumpang 53 wisatawan anggota PKK Sawit, Boyolali, Jawa Tengah menabrak tebing di Jalan Imogiri Mangunan. Dua penumpang tewas dan lainnya luka-luka.

Bus mengalami kecelakaan setelah sebelumnya mengantar penumpang berwisata di Hutan Pinus Mangunan. Kondisi jalan yang menurun, dengan turunan tajam dan berbelok, membuat bus melaju cepat, hingga sopir membelokkan kendaraan dan menabrak tebing.

3. Kecelakaan 25 April 2019

Bus pariwisata berpelat noor K 1637 B menabrak mobil Toyota Kijang di sekitar kawasan Bukit Bego. Kala itu, bus melaju dari Hutan Pinus Mangunan menuju Imogiri. Bus diduga mengalami rem blong, namun sang sopir berusaha mengendalikan dengan rem tangan.

Baca juga: Kecelakaan Maut Bantul, Jalur Imogiri-Mangunan Terlarang Bus Wisata

Namun, tiba-tiba dari arah berlawanan muncul mobil Toyota Kijang. Bus yang tak bisa dikendalikan akhirnya menyerempet mobil Kijang dan akhirnya menabrak bus lain dari arah berlawanan. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

4. Kecelakaan 6 Februari 2022

Peristiwa kecelakaan bus wisata pada 6 Februari 2022 menjadi yang terbaru, dan semoga terakhir di kawasan Bukit Bego, Mangunan, Imogiri, Bantul. Bus pariwisata berpelat nomor AD 1507 EH itu mengangkut 40 penumpang lebih saat mengalami kecelakaan.

Bus diduga mengalami rem blong, hingga tiba-tiba oleng saat melalui turunan tajam. Bus akhirnya menabrak tebing Bukit Bego dan menyebabkan 13 orang meninggal dunia.

Menurut informasi, beberapa penumpang langsung terpental keluar akibat benturan bus dengan tebing. Bus tersebut mengangkut para penumpang dari perusahaan garmen di Sukoharjo yang tengah melakukan wisata. Sebelum kecelakaan, bus direncanakan akan membawa penumpang ke Pantai Parangtritis, setelah sebelumnya berwisata di Tebing Breksi Prambanan dan Puncak Becici Dlingo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya