SOLOPOS.COM - Ilustrasi membuka usaha baru (eecincubator.com)

Solopos.com, SOLO – Membuka usaha dengan modal relatif terbatas semisal Rp1 juta merupakan hal yang bisa diwujudkan asal tahu strateginya.

Mungkin orang saat ini terutama generasi milenial punya banyak ide membuka usaha namun terkendala permasalahan keterbatasan modal.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Tapi jangan salah, jika kita jeli melihat peluang, dengan modal terbatas seperhanya mempunyai modal sekitar Rp1 juta itu sudah bisa membuka usaha sendiri.

Namun, tentunya harus mempunyai strategi yang matang agar usaha dengan modal Rp1 juta yang akan dijalani berjalan lancar.

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah memantapkan diri untuk membuka usaha dengan modal Rp1 juta, ada baiknya mememikirkan juga strategi agar tetap berjalan baik.

Baca Juga: Begini Cara Mempersiapkan Keuangan untuk Menghadapi Resesi Global

Berikut sejumlah strategi menjalankan usaha dengan modal Rp1 juta seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/9/2022):

Memilih jenis usaha

Jenis usaha yang dapat dijalani bagi pemula beragam macamnya, seperti membuka konter pulsa dan kuota, membuka warung kelontong atau angkringan mini, berjualan makanan yang sedang viral, atau membuka usaha online.

Membuat anggaran belanja

Penyesuaian anggaran memang penting, agar tidak tercampur dengan anggaran yang lain atau uang pribadi.

Memulai dengan bertahap.

Setelah membuka usaha, pastinya akan mempunyai pelanggan entah itu pelanggan tetap atau tidak. Mulailah dengan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan meyediakan barang secara bertahap. Usahakan untuk terus memperhatikan kualitas barang atau layanan agar pelanggan puas kembali lagi.

Hindari stok dalam jumlah yang besar sebelum yakin barang yang dijual akan cepat habis atau laku.

Baca Juga: Tertarik Pijat Kretek, UTP Surakarta Buka Layanan Smart Massage

Hindari risiko utang

Dalam memulai usaha yang paling penting lain adalah menghindari utang walau untuk modal utang. Apabila terpaksa meminjam modal dari orang lain, yakinlah Anda cepat bisa mengembalikannya. Selain itu, hindari juga untuk memberi utang kepada pelangan.

Semangat berjuang

Walau hanya mempunyai modal yang minim, itu tak membuat semangat menurun. Sebaliknya, dengan modal yang terbatas semisal Rp1 juta, kita harus tetap terus semangat berjuang.

Perjuangan yang dimaksud seperti menarik pelanggan dengan melakukan promosi, mencoba varian terbaru, atau mencoba inovasi berjualan secara online.

Setelah mengetahui strategi memulai usaha dengan modal Rp 1 juta, Anda bisa mulai menentukan bisnis apa yang akan pilih dan tekuni. Berikut beberapa ide bisnis dengan modal Rp 1 juta.

Baca Juga: Redakan Krisis Pangan, Bank Pembangunan Asia Gagas Program Senilai US$14 Miliar

1. Jasa dropship barang
2. Membuat aneka makanan atau minuman
3. Usaha snack kemasan
4. Menjual aneka kue rumahan
5. Bisnis blogging
6. Membuka usaha thrifting atau preloved
7. Membuat usaha bucket bunga atau snack
8. Influencer
9. MUA atau make up artist
10. Desain case handhone
11. Jasa cetak foto atau polaroid

Itulah beberapa jenis usaha yang dapat dijalani dengan modal Rp 1 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya