Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Deretan Durian Enak di Jawa Timur, Punya Cita Rasa Khas & Warna yang Menggoda

Berikut ini deretan durian enak yang ada di Jawa Timur, punya cita rasa yang khas dan menggoda.
SHARE
Deretan Durian Enak di Jawa Timur, Punya Cita Rasa Khas & Warna yang Menggoda
SOLOPOS.COM - Durian merah khas Banyuwangi. (IG @amazingbanyuwangi)

Solopos.com, MADIUN — Di berbagai daerah saat ini sedang memasuki musim durian. Termasuk di wilayah Jawa Timur. Provinsi paling timur di Pulau Jawa ini memiliki banyak jenis durian yang rasanya enak dan legit.

Banyak pecinta durian yang berbondong-bondong untuk memburu durian enak di Jawa Timur pada saat sekarang.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Berikut ini jenis durian enak yang ada di Jawa Timur yang bisa Anda coba:

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
  1. Durian Ripto Trenggalek

Durian Ripto Trenggalek ini adalah salah satu jenis durian favorit Presiden Joko Widodo lho. Trenggalek memang dikenal sebagai tempat penghasil durian yang berkualitas tinggi. Salah satu durian yang banyak digemari adalah Durian Ripto karena memiliki daging tebal, teksturnya empuk, rasanya manis, dan bijinya lebih kecil dibanding durian lain. Penamaan Durian Ripto berasal dari nama seorang petani durian yaitu almarhum Suripto, seorang warga Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo.

  1. Durian Merah Banyuwangi

Jika warna durian pada umumnya adalah kuning, berbeda dengan durian yang satu ini yaitu berwarna merah. Durian Merah berasal dari Banyuwangi dan katanya menjadi salah satu durian paling enak di Jawa Timur. Memiliki daging yang tebal, aroma menyengat, dan rasanya lebih manis.

Durian Merah berukuran lebih kecil dari durian pada umumnya. Karena kelezatannya, durian ini banyak diburu oleh para pecinta durian dari berbagai daerah di Indonesia. Durian Merah bisa dijumpai di tempat pengembangan pohon Durian Merah seperti Kecamatan Glagah, Licin, Giri, Kalipuro, dan Songgon.

  1. Durian Gencono Lumajang

Durian Gencono memiliki kualitas buah yang banyak diburu saat panen durian tiba. Dilansir dari berbagai sumber, ada sembilan kecamatan yang terletak di lereng Gunung Semeru menjadi tempat berburu buah berduri ini.

Salah satu yang paling populer terletak di Dusun Gencono, Kecamatan Pasrujambe. Durian Gencono sendiri memiliki tekstur yang sangat lembut, tidak terlalu berair, dan memiliki rasa sedikit gurih. Rasa yang ditawarkan beragam seperti manis pekat, manis sedikit pahit, dan manis pahit. Warna kulit Durian Gencono ini juga sangat menarik yakni kuning cerah.

  1. Durian Kanjeng Ponorogo

Dilihat dari namanya, Durian Kanjeng disebut sebagai durian legendaris yang telah ada sejak zaman Belanda dan merupakan suguhan bagi para para bangsawan. Durian ini adalah hasil persilangan yang memiliki hasil buah yang begitu digemari karena memiliki banyak keunggulan. Daging buahnya tebal, memiliki rasa sangat manis, teksturnya sangat lembut tidak berserat, dan memiliki wangi pandan. Anda bisa berkunjung ke tempat wisata kampung durian ini di Desa Ngrogung, Kecamatan Ngebel.

  1. Durian Bido Jombang

Durian Bido adalah jenis durian andalan dari daerah penghasil durian yang tepatnya berada di lereng Gunung Anjasmara, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Nama buah ini diambul dari burung Elang Bido yang suka bertengger di atas phon durian.

Durian Bido memiliki warna daging buah yang kekuningan dan rasanya manis, legit, dan pahit. Dagingnya sangat tebal, saking tebalnya biji buah ini berukuran sangat kecil. Aroma durian ini cenderung kalem dan tidak terlalu menyengat, jika Anda tidak terlalu suka dengan aroma durian yang menyengat Durian Bido bisa menjadi pilihan.

Itu deretan durian paling enak yang ada di Jawa Timur. Mumpung lagi musim durian, ayo berburu buah durian!



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode