;

Deretan Bus Sejuta Umat di Jateng, Meski Bumel Tetap Dicinta

Inilah deretan bus bumel sejuta umat yang memiliki banyak penumpang setia di Jawa Tengah.
SHARE
Deretan Bus Sejuta Umat di Jateng, Meski Bumel Tetap Dicinta
SOLOPOS.COM - Calon penumpang berebut masuk bus antar kota dalam provinsi (AKDP) PO Rela rute Solo-Purwodadi di pintu sisi timur Terminal Tirtonadi, Solo, Kamis (5/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Bus merupakan moda transportasi paling sering digunakan masyarakat khususnya di Jawa Tengah untuk bepergian, baik antar-kota maupun antar-provinsi. Dari sekian banyak bus dengan armada apik, ternyata tidak menghilangkan eksistensi bus bumel.

Bumel adalah bus jenis ekonomi yang biasanya tidak ber-AC. Susunan bangkunya pun masih memakai gaya lama, yaitu dua di kanan dan tiga di sisi kiri.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Jumat (20/5/2022), berikut lima bus bumel sejuta umat yang memiliki penumpang setia:

Sugeng Rahayu

Sugeng Rahayu adalah bus bumel yang paling familiar bagi masyarakat di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bus ini dulunya bernama Sumber Kencono yang berada di bawah naungan Sumber Group.

Bus yang satu ini sering kali mengalami kecelakaan karena gaya sopirnya yang ugal-ugalan. Meski demikian, bus yang satu ini tetap saja menjadi salah satu yang memiliki penumpang setia, karena banyak rute yang ditawarkan.
Mulai dari rute Solo-Surabaya hingga Solo-Jogja.

bus AKAP Sugeng rahayu
Armada bus Sugeng Rahayu. (bus-truck.id)

Langsung Jaya

Bus bumel kedua yang memiliki penggemar setia adalah Langsung Jaya. Bus ini melayani berbagai rute, seperti Solo-Jogja dan Solo-Tawangmangu. Bus ini menjadi moda transportasi para buruh harian, khususnya kaum wanita, yang bekerja di Solo dan sekitarnya untuk pulang ke rumah di Tawangmangu dan sekitarnya.

Rela

Rela juga menjadi bus bumel dengan banyak pelanggan setia. Bus jurusan Solo-Purwodadi ini dikenal sebagai penguasa jalanan. Bus ini sering dikemudikan secara ugal-ugalan. Tidak jarang para pengguna jalan dan penumpang dibuat khawatir dengan cara sopir mengemudikan bus ini.

Al Amin

Semburan asap knalpot berwarna hitam menjadi salah satu ciri khas bus jurusan Solo-Wonogiri ini. Bus Al-Amin menjadi salah satu raja jalanan yang kerap membuat pengguna jalan memilih menyingkir daripada mendahuluinya.

bus bumel
Bus Harta Sanjaya jurusan Solo-Sragen. (Twitter)

Harta Sanjaya

Bus jurusan Solo-Sragen ini juga termasuk kategori bumel yang memiliki banyak penumpang. Hampir setiap hari bus yang satu ini selalu penuh mengangkut penumpang yang hilir mudik dari Solo ke Sragen maupun sebaliknya. Bus ini juga kerap ugal-ugalan di jalanan Solo-Sragen yang tidak terlalu lebar.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago