SOLOPOS.COM - Pedangdut Yeni Inka berfoto dengan Bupati Blora, Arief Rohman. (Instagram @yeniinka)

Solopos.com, BLORA — Blora merupakan kabupaten di Jawa Tengah atau Jateng yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur (Jatim). Meski menyandang predikat sebagai kabupaten atau kota tersepi di Jateng, bukan berarti Blora tidak mampu melahirkan barisan artis yang populer.

Blora yang memiliki luas wilayah 1.804,59 km persegi didapuk sebagai kabupaten tersepi di Jateng berdasarkan data angka kepadatan penduduk yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng pada 2021 lalu. Dalam buku itu disebutkan Blora menjadi kabupaten atau kota tersepi di Jateng dengan tingkat kepadatan penduduk sekitar 490,05 jiwa per km persegi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Meski dikategorikan sepi, tapi Blora memiliki sederet keunikan. Bahkan Blora disebut-sebut sebagai kabupaten dengan kandungan minyak bumi terbesar di Jateng. Blora juga disebut sebagai daerah penghasil kayu jati di Pulau Jawa.

 Baca juga: Blora, Kabupaten Tersepi di Jateng Tapi Kaya Minyak

Selain itu, Blora juga banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional seperti Samin Surosentiko, yang merupakan pelopor ajaran Saminisme; sastrawan Pramoedya Ananta Toer, pahlawan Adisumarmo Wiryokusumo yang namanya diabadikan sebagai bandara di Boyolali, Kota Solo; hingga mantan Ketua DPD, Bambang Sadono.

Selain tokoh nasional, Blora juga banyak melahirkan artis nasional. Berikut deretan artis nasional yang berasal dari kota atau kabupaten tersepi di Jateng:

1. Farid Aja

artis asal blora
Farid Aja. (Instagram @faridaja_asli)

Memiliki nama lengkap Nur Rizqi Farid Ma’ruf, pria kelahiran Blora, 7 April 1978 ini dikenal dengan nama Farid Aja.

Ia terkenal sebagai presenter beberapa acara yang ditayangkan di televisi nasional. Ia kerap tampil bersama Reza Bukan sebagai host atau presenter.

Duetnya bersama Reza Bukan, Farid Aja dikenal sangat humoris. Farid Aja juga pernah tampil dalam beberapa FTV bersama Reza Bukan.

2. Maria Rahajeng

artis asal blora
Maria Asteria Sastrayu Rahajeng (Antara)

Tidak banyak yang tahu jika perempuan berusia 30 tahun yang memilik nama lengkap Maria Asteria Sastrayu Rahajeng itu berasal dari Kabupaten Blora.

Hal itu dikarenakan Maria banyak menghabiskan masa kecilnya di luar negeri, tepatnya di California, Amerika Serikat. Selain itu, Maria juga membawa nama Sulawesi Barat saat tampil pada ajang Miss Indonesia 2014.

Baca juga: Daftar Kabupaten Tersepi di Jawa Tengah, Nomor 1 Separuh Wilayah Hutan

Tampil di Miss Indonesia 2014, perempuan asal Blora ini tampil sebagai pemenang dan berhak mewakili Indonesia dalam ajang Miss World 2014.

Selain dikenal sebagai Miss Indonesia 2014, Maria Rahajeng sempat merambah ke dunia hiburan, dengan menjadi seorang presenter acara sebuah televisi E! News Asia.

3. Yeni Inka

artis asal blora
Yeni Inka (Instagram @yeniinka)

Perempuan berparas cantik kelahiran Blora tahun 2000, ini bernama lengkap Yeni Inka Novitasari. Meski demikian, ia lebih populer dikenal dengan nama Yeni Inka.

Yeni Inka merupakan seorang penyanyi dangdut yang namanya tengah populer. Selain berparas cantik, ia juga terkenal memiliki suara yang merdu.

Bahkan, Yeni Inka kerap disebut-sebut sebagai Ratu Ambyar di kalangan pencinta dangdut koplo. Yeni sudah beberapa kali tampil di TV nasional dan sempat jadi nomine Indonesia Dangdut Awards 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya