SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KHARKIV — Jerman memenangi duel sengit melawan Belanda di laga kedua Grup B Piala Eropa 2012. Terbantu dua gol Mario Gomez, Der Panzer menang tipis dengan skor 2-1 atas lawannya De Oranje.

Dalam laga di Metalist Stadium, Kharkiv, Kamis (14/6/2012) dinihari WIB, Jerman memimpin 2-0 di babak pertama. Gol-gol mereka diborong oleh Gomez.

Ekspedisi Mudik 2024

Belanda menyerang total di paruh kedua. Namun, mereka cuma bisa membalas lewat sebiji gol Robin van Persie.

Dengan hasil ini, Jerman memimpin klasemen sementara dengan enam poin dari dua pertandingan. Mereka punya kans yang sangat besar untuk lolos ke perempatfinal dan tinggal butuh satu poin lagi.

Bagi Belanda, ini adalah kekalahan kedua mereka di turnamen. Namun, peluang mereka kian tipis sekalipun belum sepenuhnya tertutup.

Dalam laga itu, Gomez memecahkan kebuntuan saat pertandingan memasuki menit ke-24. Memanfaatkan operan cantik Bastian Schweinsteiger, dia lolos dari jebakan offside dengan mudah menaklukkan Stekelenburg.

Belanda mencoba menyamakan melalui upaya Robben. Tapi, tendangan Robben dari luar kotak penalti bisa diantisipasi oleh Neuer.

Di usaha berikutnya, Jerman benar-benar menggandakan keunggulannya lewat gol kedua Gomez. Usai menerima operan Schweinsteiger, Gomez mengirim bola ke tiang jauh tanpa bisa dijangkau oleh Stekelenburg.

Hingga berakhirnya babak pertama, skor 2-0 untuk keunggulan Jerman tak berubah.

Lini belakang Belanda tampak sangat keropos di laga ini. Mats Hummels melakukan aksi individu yang hampir membuahkan gol ketiga Jerman di awal babak kedua. Beruntung buat Belanda, Stekelenburg masih bisa menepis sontekan Hummels.

Belanda mendapatkan peluang emas pada menit ke-58 lewat tendangan terarah Van Persie. Namun, Neuer menunjukkan reaksi yang luar biasa dengan menjatuhkan diri dan menepis bola.

Belanda bisa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-73. Van Persie yang menguasai bola di depan kotak penalti Jerman menggiring bola sebelum melepaskan tendangan mematikan dengan kaki kanannya.

Di sisa waktu, Belanda berupaya untuk mencari gol penyama. Namun, usaha mereka tak membuahkan hasil. JIBI/SOLOPOS/dtc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya