SOLOPOS.COM - Suasana rumah kontrakan yang dihuni M bersama istri dan anaknya di Dukuh Jati, Desa Pilang, Masaran, Sragen, Jumat (13/8/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Tim Densus 88 Antiteror menggerebek seorang warga terduga teroris di dekat Masjid Baitussalam, Desa Pilang, Masaran, Sragen, Jumat (13/8/2021) sekitar pukul 15.15 WIB. Warga terduga teroris itu berinisial M, 32, yang setiap harinya bekerja sebagai pedagang batik online.

Kepala Desa Pilang, Masaran, Sragen, Sukisno, saat dihubungi Solopos.com, Jumat, mendengar ada penangkapan terduga teroris di wilayah Dukuh Jati, Pilang. Namun, Sukisno tidak mengetahui secara pasti. Dia mengatakan informasi dari bayan setempat, satu warga yang ditangkap tim Densus 88 itu bukan asli dari Desa Pilang tetapi pendatang yang mengontrak rumah warga setempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Mangkunagoro IX Tutup Usia, Ini Foto-Foto Perjalanan Hidupnya

Bayan I Pilang, Indro Susilo, saat dihubungi Solopos.com, Jumat, mengaku mendapat laporan adanya penangakapan terhadap seorang warga, M, di dekat Masjid Baitusalam sekitar pukul 05.30 WIB. Dia mengatakan M memiliki tiga orang anak dan istrinya mengajar di Pondok Pesantren Pilang.

Indro tak mengetahui kronologi penangkapannya. Saat penggeledahan rumah kontrakan, Indro menjadi saksi bersama pemilik kontrakan pada pukul 09.00 WIB. Dalam penggeledahan itu, Indro menyaksikan ada beberapa barang yang dibawa, yakni laptop, ponsel, buku tabungan, dan barang elektronik seperti mainan anak.

“Pak M ini tinggal di lingkungan Jati sudah lima tahunan. Pekerjaan sehari-hari jualan batik online. Orangnya terbuka, sederhana, dan baik di lingkungan. Kerja bakti juga ikut. Bahkan sering mengajari warga lainnya untuk jualan online. Ekonomi warga jadi meningkat. Yang dulunya tukang bangunan dan tukang pijet beralih jadi pedagang batik online,” ujar Indro.

Dia mengatakan M juga sebagai anggota takmir Masjid Baitussalam yang terletak bersebelahan dengan rumah kontrakannya. Dia mengatakan saat mengisi pengajian pun seperti ustaz-ustaz lainnya, tidak mengajarkan ajaran yang ekstrem-ekstrem. “Beliau juga saat membaca Alquran bersama juga wajar, hanya membenarkan lafad huruf yang benar. Jadi orangnya tidak neka-neka,” katanya.

Baca Juga: Karena Punya Komorbid, 1,2 Juta Warga Jateng Belum Divaksin Covid-19

Indro mengatakan dulu pernah ada warga yang juga ditangkap Densus 88. Dia menyebut sekitar 2020 lalu. Dia mendengar ada yang menyebut-nyebut tentang jaringan Islamiyah tetapi Indro tidak mengetahui kepastiannya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy membenarkan adanya penangkapan terduga teroris di beberapa tempat di wilayah Jawa Tengah. “Namun, untuk lebih jelasnya nanti dari Densus 88 Mabes Poldi dan Divisi Humas Polri yang akan memberikan penjelasan melalui press conference,” tulisnya dalam pesan singkat Whatapp saat dihubungi Solopos.com, Jumat sore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya