Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Densus 88: NII Sumbar Hendak Gulingkan Jokowi Sebelum 2024

Jaringan NII di Sumatra Barat disebut Densus berencana menggulingkan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) sebelum penyelenggaraan Pemilu 2024.
SHARE
Densus 88: NII Sumbar Hendak Gulingkan Jokowi Sebelum 2024
SOLOPOS.COM - NII KW IX

Solopos.com, JAKARTA – Densus 88 Antiteror Polri menyebut jaringan teroris Negara Islam Indonesia (NII) belum berhenti. Bahkan, jaringan NII di Sumatra Barat disebut Densus berencana menggulingkan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) sebelum penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Sejumlah rencana yang tengah dipersiapkan oleh jaringan NII Sumatra Barat yakni upaya melengserkan pemerintah yang berdaulat sebelum tahun pemilu 2024,” kata Kabag Operasi Densus 88 Antiteror Kombes Aswin Siregar, Senin (18/4/2022).

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Aswin mengungkap, hal tersebut terungkap dari barang bukti berupa dokumen yang disita saat polisi menangkap anggota NII.

Baca Juga: Ini Peran Tersangka Teroris Kelompok NII di Tangerang

Dokumen itu berisi visi misi untuk mengganti ideologi Pancasila dan sistem pemerintahan Indonesia, dengan syari’at Islam, sistem khilafah, dan hukum Islam.

Dalam dokumen itu, terungkap juga adanya rencana penyerangan.

“Di antara sekian rencana tersebut, terdapat juga potensi ancaman berupa serangan teror yang tertuang dalam wujud perintah mempersiapkan senjata tajam (disebutkan ‘golok’),” ungkapnya.

Sebelumnya, polisi menangkap 16 tersangka teroris Negara Islam Indonesia (NII) di Sumatra Barat.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan NII melakukan perekrutan secara masif bahkan melibatkan anak di bawah umur.

Baca Juga: Saifuddin Ibrahim Ternyata Dulu Kader NII, Ini Kisahnya

“Perekrutan anggota secara masif di Sumatera Barat, dengan melibatkan anak-anak di bawah umur,” kata Gatot dalam konferensi pers, Senin (28/3/2022).

Selain perekrutan, ke-16 tersangka teroris itu juga terlibat dalam beberapa hal, misalnya berkeinginan mengubah ideologi negara, menggulingkan pemerintah yang sah apabila NKRI sedang mengalami chaos, dan melakukan kegiatan ala militer secara rutin.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Densus 88 Ungkap NII Sumbar Ingin Gulingkan Jokowi Sebelum 2024”



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode