SOLOPOS.COM - Buruh rumahan menyampaikan aspirasinya di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Selasa (2/5/2017). Mereka menuntut kesejahteraan dan upah yang layak. (Indah Septiyaning W./JIBI/Solopos)

Demo Solo, buruh rumahan berunjuk rasa di Balai Kota Solo.

Solopos.com, SOLO — Belasan buruh rumahan di Kota Solo menggelar aksi unjuk rasa di Balai Kota, Selasa (2/5/2017). Mereka menuntut jaminan sosial dan upah layak sesuai upah minimum kota (UMK).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Berdasarkan pantauan Solopos.com, massa yang semuanya merupakan ibu rumah tangga menggelar aksi dengan berjalan kaki (long march) dari Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) ke Balai Kota. Kedatangan massa kemudian ditemui Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Solo Widdi Srihanto.

Ekspedisi Mudik 2024

Perwakilan pekerja rumahan Nuning mengatakan selama ini kesejahteraan pekerja rumahan selalu terabaikan. Selain tidak terkaver jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan, dari segi upah yang diberikan juga sangat tidak layak.

“Pekerjaan kami ini sama seperti pekerja pabrik. Hanya pekerjaan itu dikerjakan di rumah. Tapi upah yang diterima jauh dari kata layak,” kata dia.

Salah satu pekerja rumahan, Septi mengaku hanya diberi upah Rp1.000-Rp2.000 per biji tas batik yang dikerjakannya. Dalam sehari ia mampu merampungkan 20 biji tas saja.

“Tujuh tahun saya jalani pekerjaan ini di rumah. Tapi upah tidak pernah naik,” tutur dia.

Karena itu, dirinya bersama pekerja rumahan lainnya mendesak pemerintah daerah menerbitkan regulasi mengatur hak dan kewajiban buruh rumahan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Solo Widdi Srihanto mengatakan segera menindaklanjuti tuntutan para buruh rumahan tersebut. “Kami akan laporkan kepada wali kota,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya