SOLOPOS.COM - Polwan Polres Karanganyar membagikan bunga mawar kepada para pendemo tolak kenaikan harga BBM di depan Gedung DPRD setempat pada Rabu (21/9/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Puluhan wanita polisi (polwan) Polres Karanganyar melakukan aksi simpatik saat buruh menggelar  demo di depan gedung DPRD setempat, Rabu (21/9/2022). Para polwan tersebut membagikan air minum, permen, dan bunga kepada para pendemo.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, ratusan buruh Karanganyar menggelar demo menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Mereka juga menuntut kenaikan upah minimum kabupaten (UMK).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Aksi unjuk rasa berlangsung damai. Perwakilan secara bergantian melakukan orasi dan menemui pimpinan Dewan untuk menyampaikan aspirasinya.

Ekspedisi Mudik 2024

Terlihat puluhan polwan Polres Karanganyar yang tergabung dalam tim negosiator memberikan pengamanan humanis kepada para buruh yang melakukan aksi. Para polwan membagikan air mineral dan permen ke para pendemo di luar gedung DPRD yang menunggu perwakilan buruh yang menyampaikan pendapat di dalam.

Baca Juga: Ratusan Buruh Karanganyar Demo Ke DPRD, Ini 3 Tuntutannya

Setelah menyampaikan pendapat kepada Ketua DPRD di dalam gedung, perwakilan buruh tersebut keluar gedung bersama jajaran Ketua DPRD, Kapolres, serta Dandim Karanganyar untuk menemui para buruh lain.

Melihat aksi dapat berjalan dengan damai, sejumlah polwan langsung memberikan beberapa kuntum bunga mawar kepada para peserta aksi. Ini merupakan wujud apresiasi dari kepolisian atas kegiatan aksi yang berjalan dengan aman dan lancar.

“Terima kasih aksi dapat berjalan dengan damai, aman, dan tertib. Menyampaikan pendapat di muka umum merupakan hal yang harus kita semua hormati, dan kami hadir untuk memastikan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik,” kata Kapolres Karangangar, AKBP Danang Kuswoyo.

Baca Juga: DPRD Karanganyar Janji Sampaikan Tuntutan Buruh Ke Pemerintah Pusat

Dia mengatakan bunga mawar yang dibagikan oleh polwan merupakan wujud apresiasi kepada para buruh yang menggelar aksi dengan damai.

Ketua Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (FKSPN) Karanganyar, Haryanto, mengapresiasi Polres Karanganyar dalam mengamankan dan mengawal aksi mereka sehingga berjalan dengan damai.

“Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Karanganyar yang telah melakukan pengawalan dari titik kumpul di Sroyo sampai ke DPRD Karanganyar, serta atas pengamanan yang humanis kepada kami semua,” kata Haryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya