SOLOPOS.COM - Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani. ANTARA/HO-DPR RI

Solopos.com, SRAGEN — Pemkab Sragen tampak all out mempersiapkan diri menyambut kedatangan Ketua DPR, Puan Maharani, pada Rabu (27/4/2022). Sejumlah spanduk dan baliho ucapan selamat dipasang hingga seratusan rumah warga dicat warna-warni demi menyambut kedatangan Ketua DPP PDIP tersebut.

Sejak Sabtu (23/4/2022), sekitar 300 orang dari kalangan pejabat organisasi perangkat daerah (OPD), camat, hingga warga dikerahkan untuk melakukan kerja bakti. Mereka gotong-royong membersihkan lingkungan Gunung Kemukus yang akan diresmikan Puan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka membersihkan areal mulai Gerbang Barong sampai Sendang Ontrowulan. “Kerja bakti saja. Ya, persiapan penyambutan Ibu Puan dan peresmian New Kemukus pada 27 April mendatang. Konsepnya sederhana saja. Untuk fasilitas Gunung Kemukus yang rusak sudah diperbaiki, termasuk menara pandang. Saya sudah mencoba menara pandang itu. Nanti setelah peresmian BLUD [badan layanan umum daerah] proses,” ujar Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, saat diwawancara Sabtu lalu.

Baca Juga: Puan Akan Bagikan Beras 60 Ton & Resmikan New Kemukus Sragen, Besok

Ekspedisi Mudik 2024

Selain kerja bakti, sebanyak 100-120 rumah warga di Kawasan Gunung Kemukus atau New Kemukus, tepatnya di lingkungan RT 002 Kedunguter dan RT 034 Gunungsari, Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Sragen, dicat warna-warni. Nantinya terlihat seperti Kampung Pelangi.

Camat Sumberlawang, Sragen, Endang Widayanti, mengatakan pengecatan rumah warga di areal Gunung Kemukus itu bekerja sama dengan salah satu perusahaan cat.

Sementara baliho dipasang sejak Minggu (24/4/2022). Dengan ukuran besar, baliho itu berisi foto dan kata-kata selamat datang untuk Puan Maharani. Para pejabat Pemkab Sragen pun menyiapkan peresmian New Kemukus jauh hari dengan bersih-bersih dan penataan protokoler dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

“Hari ini [Selasa] finalisasi rundown peresmian New Kemukus oleh Ibu Puan Maharani,” ujar Asisten II Sekretariat Daerah Sragen, Tugiyono, saat dihubungi Espos, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga: Bersaing Jadi Capres, Elektabilitas Puan Kalah Jauh dari Ganjar

Kehadiran Puan besok ke Sragen tidak sekadar meresmikan Gunung Kemukus. Namun juga ada acara bagi-bagi 8.400 paket beras untuk warga Bumi Sukowati. Pembagian secara simbolis akan dilakukan di dua lokasi, yakni di DPC PDIP Sragen dan di Gunung Kemukus di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang.

Ketua DPC PDIP Sragen, Untung Wibowo Sukowati, menyampaikan Puan Maharani akan mampir ke DPC PDIP Sragen sekitar pukul 11.40 WIB. Ia akan menghadirkan 500 kader struktural DPC PDIP Sragen dalam acara itu.

“Saat di DPC itu akan dibagikan 500 paket beras secara simbolis dan memberikan pengarahan kepada struktural DPC PDIP Sragen. Total beras dari Ibu Puan sebanyak 60 ton yang dikemas menjadi 8.400 paket beras. Pembagian beras itu terus dilakukan keliling ke wilayah Sragen dengan sasaran warga yang membutuhkan,” jelas Bowo.

Baca Juga: Puan Maharani Gelontorkan 350.000 Sak Beras ke Jateng, Solo Dapat?

Puan Maharani di Sragen tak lama, hanya sehari. Begitu selesai meresmikan Gunung Kemukus, putri Megawati Soekarnoputri itu akan langsung terbang pulang ke Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya