Demi PPKM Level 2, Pemkab Pasuruan Kebut Vaksinasi Covid-19 Lansia

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan menargetkan capaian vaksinasi Covid-19 lanjut usia (lansia) menembus 40 persen pekan ini.
SHARE
Demi PPKM Level 2, Pemkab Pasuruan Kebut Vaksinasi Covid-19 Lansia
SOLOPOS.COM - Pelaksanaan vaksinasi lansia di Kab. Pasuruan. (Istimewa)

Solopos.com, PASURUAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan menargetkan capaian vaksinasi Covid-19 lanjut usia (lansia) menembus 40 persen pekan ini.

Pemkab Pasuruan berkepentingan dengan capaian vaksinasi Covid-19 lansia agar segera menyandang status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2. Wakil Bupati Pasuruan, Abdul Mujib Imron, mengatakan cakupan vaksinasi Covid-19 lansia di Kabupaten Pasuruan 35,95 persen atau 49.393 orang lansia dari total 137.403 orang lansia.

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

Baca Juga : Tubagus Joddy Pacu Mobil Vanessa Angel 130 Km/Jam Saat Kecelakaan

Dia optimistis, cakupan vaksinasi Covid-19 untuk lansia mencapai 40 persen akhir pekan ini. “Insyaallah, kami yakin. Pekan depan Kabupaten Pasuruan masuk PPKM Level 2,” katanya, Rabu (10/11/2021).

Pemkab Pasuruan mempercepat vaksinasi Covid-19 untuk lansia melalui sejumlah cara. Seperti, bidan desa bersama TNI dan Polri door to door ke rumah warga yang memiliki anggota keluarga lansia atau berusia di atas 60 tahun. Program itu sudah dijalankan sejak tiga pekan terakhir.

Dia menyampaikan vaksinasi Covid-19 lansia berbeda dengan remaja, anak-anak, vaksinasi para tenaga medis, dan masyarakat umum. Selain faktor usia, kata dia, beberapa kendala teknis membuat proses vaksinasi Covid-19 tidak berjalan mulus.

Baca Juga : Dikabarkan Hilang Dibawa Genderuwo, Bocah di Gresik Ditemukan Meninggal

Dia mencontohkan ketidakcocokan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk (KTP), usia yang belum masuk kategori lansia, dan penyakit penyerta yang membuat vaksinasi Covid-19 tertunda.

“Ada banyak kendala yang ditemui, seperti NIK yang tidak valid. Ada pula lansia yang ketika akan divaksin ternyata punya riwayat penyakit kronis atau cukup berat. Dan ada yang usianya ternyata belum masuk kategori lansia,” ungkap dia.

Baca Juga : Ketua KPK Kunjungi Kantor Gubernur Jateng, Ada Apa?

Pemkab menargetkan bidan desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas bisa mengajak 10 orang lansia per hari di setiap desa. Dengan cara ini, kata dia, persentase cakupan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Kabupaten Pasuruan semakin meningkat. “Satu hari, kami targetkan 10 lansia dari tiap-tiap desa di Kabupaten Pasuruan. Realisasinya, jumlah cakupan vaksinasi Covid-19 terus bertambah.”



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago