SOLOPOS.COM - Pelaksanaan vaksinasi lansia di Kab. Pasuruan. (Istimewa)

Solopos.com, PASURUAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan menargetkan capaian vaksinasi Covid-19 lanjut usia (lansia) menembus 40 persen pekan ini.

Pemkab Pasuruan berkepentingan dengan capaian vaksinasi Covid-19 lansia agar segera menyandang status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2. Wakil Bupati Pasuruan, Abdul Mujib Imron, mengatakan cakupan vaksinasi Covid-19 lansia di Kabupaten Pasuruan 35,95 persen atau 49.393 orang lansia dari total 137.403 orang lansia.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Baca Juga : Tubagus Joddy Pacu Mobil Vanessa Angel 130 Km/Jam Saat Kecelakaan

Dia optimistis, cakupan vaksinasi Covid-19 untuk lansia mencapai 40 persen akhir pekan ini. “Insyaallah, kami yakin. Pekan depan Kabupaten Pasuruan masuk PPKM Level 2,” katanya, Rabu (10/11/2021).

Pemkab Pasuruan mempercepat vaksinasi Covid-19 untuk lansia melalui sejumlah cara. Seperti, bidan desa bersama TNI dan Polri door to door ke rumah warga yang memiliki anggota keluarga lansia atau berusia di atas 60 tahun. Program itu sudah dijalankan sejak tiga pekan terakhir.

Dia menyampaikan vaksinasi Covid-19 lansia berbeda dengan remaja, anak-anak, vaksinasi para tenaga medis, dan masyarakat umum. Selain faktor usia, kata dia, beberapa kendala teknis membuat proses vaksinasi Covid-19 tidak berjalan mulus.

Baca Juga : Dikabarkan Hilang Dibawa Genderuwo, Bocah di Gresik Ditemukan Meninggal

Dia mencontohkan ketidakcocokan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk (KTP), usia yang belum masuk kategori lansia, dan penyakit penyerta yang membuat vaksinasi Covid-19 tertunda.

“Ada banyak kendala yang ditemui, seperti NIK yang tidak valid. Ada pula lansia yang ketika akan divaksin ternyata punya riwayat penyakit kronis atau cukup berat. Dan ada yang usianya ternyata belum masuk kategori lansia,” ungkap dia.

Baca Juga : Ketua KPK Kunjungi Kantor Gubernur Jateng, Ada Apa?

Pemkab menargetkan bidan desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas bisa mengajak 10 orang lansia per hari di setiap desa. Dengan cara ini, kata dia, persentase cakupan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Kabupaten Pasuruan semakin meningkat. “Satu hari, kami targetkan 10 lansia dari tiap-tiap desa di Kabupaten Pasuruan. Realisasinya, jumlah cakupan vaksinasi Covid-19 terus bertambah.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya