SOLOPOS.COM - Demi Lovato (Grammy.com)

Demi Lovato mengungkapkan perjuangannya menghadapi gangguan mental.

Solopos.com, SOLO – Tidak banyak yang tahu jika penyanyi kenamaan Amerika Serikat, Demi Lovato, pernah mengalami gangguan mental. Artis jebolan Disney ini ternyata sempat menderita bipolar pada 2010 lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Huffington Post, Sabtu (30/9/2017), pelantun Let It Go itu blakblakan soal gangguan mental yang pernah dideritanya itu. Sebagai penderita bipolar, suasana hatinya sering berubah secara mendadak. Ia sampai harus menjalani terapi selama beberapa bulan demi menyembuhkan gangguan tersebut.

Beruntung, kini Demi Lovato telah dinyatakan sembuh dari gangguan mental yang pernah dideritanya. Sebab, penyakit itu membuatnya tidak terkendali dan dikira gila. “Aku memang pernah mengalami bipolar, bulimia, ketergantungan obat. Semua itu membuat kehidupanku berantakan. Orang-orang sering mengira aku gila. Padahal, aku sama sekali tidak gila,” ungkap Demi Lovato.

Demi Lovato butuh perjuangan keras demi sembuh dari penyakit tersebut. Menurutnya, seorang penderita bipolar tidak semestinya dijauhi. Sebab, mereka justru akan semakin brutal lantaran tidak mendapat perhatian.

“Memiliki gangguan mental dan makan alias bipolar dan bulimia sama sekali tidak keren. Hal itu akan membuatmu terpuruk. Oleh sebab itu, kamu harus berjuang keras agar bisa sembuh,” terang Demi Lovato.

Lebih lanjut, Demi Lovato mengungkap awal mula mengidap bipolar. Ternyata, ia mengidap bipolar lantaran mengalami gangguan makan alias bulimia. Dokter yang merawatnya mengatakan jika bulimia berpengaruh pada kondisi mental seseorang. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menyadari hal itu.

“Bulimia berpengaruh besar pada kesehatan mental. Pasalnya, seseroang akan merasa sangat stres setelah mengonsumsi makanan meski dalam jumlah sedikit. Hal itu merupakan kondisi yang tidak wajar,” sambung dia.

Demi Lovato menjelaskan, masih banyak orang menganggap bulimia terjadi karena kebiasaan makan yang salah. Padahal, penyakit itu merupakan gangguan mental yang perlu diatasi. “Banyak orang mengira bulimia merupakan kebiasan yang salah. Aku dengar banyak orang mengatakan, mengapa dia tidak makan atau berhenti memuntahkan makananmu. Padahal, bulimia merupakan penyakit mental yang harus disembuhkan,” tegasnya.

Menurut Demi Lovato, gangguan makan yang tidak diobati akan berkembang menjadi bipolar. Oleh sebab itu, ia meminta masyarakat tidak menjauhi seseorang yang menderita bulimia. “Aku ingin mengajak masyarakat untuk lebih memahami bahaya bulimia. Jangan pernah menghina meraka yang mengidap bulimia. Sebaiknya, berilah pengertian dan ajak mereka bicara. Setelah itu, kunjungi dokter untuk membantu menyembuhkannya,” sambung dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya