SOLOPOS.COM - Ilustrasi Mr P. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 282 pria di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng) memilih vasektomi sebagai pilihan kontrasepsi atau cara mencegah kehamilan.

Angka itu tercatat dalam Kabupaten Klaten dalam Angka 2021 yang dapat diakses melalui laman Badan Pusat Statistik (BPS) Klaten.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari data yang dipaparkan, ada 277 pria yang masih aktif menjalani program tersebut. Sedangkan lima lelaki lain adalah akseptor baru Keluarga Berencana (KB) yang memilih vasektomi.

Dari 282 pria di Klaten yang menjalani vasektomi, wilayah yang terbanyak ada di Kecamatan Kemalang yang mencapai 34 orang. Sedangkan yang paling sedikit ada di Kecamatan Klaten Tengah yang hanya ada satu orang.

Baca Juga: Vasektomi Masih Kurang Diminati Pria Jogja

Perlu diketahui, vasektomi adalah operasi kecil yang dilakukan untuk mencegah transportasi sperma pada testis dan penis. Vasektomi dianggap sangat efektif untuk mencegah kehamilan karena bersifat permanen.

Di sisi lain, program KB yang menjadi pilihan favorit warga Klaten adalah suntik. Sebanyak 33.232 wanita di Klaten menjalani program KB suntik yang terdiri atas 28.176 pengguna aktif dan 5.056 pengguna baru.

Baca Juga: Bonus Kambing, Pendaftar KB Vasektomi Meningkat

Di bawah suntik ada program implan atau susuk dengan total peserta 28.210 yang terdiri atas 3.304 pengguna baru dan 24.906 pengguna aktif.

Vasektomi pria memang bukan menjadi program KB favorit masyarakat di Klaten. Namun nyatanya, program yang kerap dianggap menakutkan tersebut sudah diikuti 282 pria se-Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya