Delvin Buktikan Jadi Gelandang Kreatif Persis Solo
Solopos.com|sport

Delvin Buktikan Jadi Gelandang Kreatif Persis Solo

Dipercaya Pelatih Eko Purdjianto sebagai starter, Delvin Rumbino membuktikan diri layak menyandang status gelandang kreatif.

Solopos.com, SOLO—Gelandang Persis Solo, Delvin Rumbino, mendadak menjadi buah bibir seusai menerima pukulan dari Leonard Tupamahu dalam laga uji coba antara Persis Solo kontra Bali United di Stadion Manahan, Rabu (16/6/2021).

Insiden yang membuat Delvin tersungkur di lapangan itu viral hingga membuat Leo langsung meminta maaf secara terbuka pada publik.

Namun sejatinya tak hanya soal itu saja yang membuat Delvin layak dibicarakan seusai laga kemarin. Dipercaya Pelatih Eko Purdjianto sebagai starter, pemain 26 tahun itu membuktikan diri layak menyandang status gelandang kreatif yang dimiliki Persis.

Siaran Langsung dan Live Streaming Euro 2020 Malam Ini

Pergerakannya yang taktis plus umpan-umpan akuratnya tak jarang membuat pemain Bali United kalang kabut. Akselerasi Delvin pun beberapa kali mengancam gawang Bali United.

Permainan mentereng di laga kemarin membuat Delvin diganjar sebagai pemain terbaik versi voting akun Twitter Persis English. Dari 102 voters, sebanyak 60% memilih eks pemain Barito Putera itu sebagai man of the matchWinger yang mencetak gol ke gawang Serdadu Tridatu, Rivaldi Bawuo, berada di posisi kedua (23%) disusul bek Asep Budi (11%).

“Saya hanya mencoba menerapan instruksi pelatih. Kawan setim juga banyak membantu, sayang hasilnya belum maksimal [Persis kalah 1-2],” ujar pemain yang gaya bermainnya kerap diidentikkan dengan legenda Juventus, Zinedine Zidane itu, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (17/6/2021).

Belanda Vs Austria: De Ligt Comeback, Pertahanan Tim Oranye Kian Solid

 

Posisi Belum Aman

Dalam formasi 4-3-3, Delvin menjadi satu-satunya gelandang bertipikal menyerang yang dipasang sebagai starter sore itu. Dua gelandang lain yakni Sandi Sute dan Muhammad Kanu lebih bertugas sebagai penjaga kedalaman lini tengah.

Peran sebagai gelandang serang membuatnya tak hanya andil dalam distribusi bola, melainkan juga merangsek ke lini pertahanan lawan. Gelandang kelahiran Biak itu sempat membuat peluang di pertengahan babak pertama. Namun tembakannya di dalam kotak penalti mampu diamankan Wawan Hendrawan.

Delvin mengaku lebih nyaman bermain sebagai gelandang serang ketimbang gelandang tengah atau gelandang bertahan, dua posisi lain yang juga bisa dijalankannya. Dia pun tak kikuk apabila diplot sebagai playmaker atau second striker dalam formasi 4-2-3-1.

Denmark Vs Belgia: Tim Dinamit Sulit Meledak Tanpa Christian Eriksen

Performa apiknya di laga kemarin bisa membuat Persis mulai melupakan Evan Dimas, gelandang Bhayangkara FC yang disebut-sebut diincar Laskar Sambernyawa.

Pelatih Persis, Eko Purdjianto, mengakui Delvin menjadi satu dari beberapa pemain yang menunjukkan perkembangan performa di laga kontra Bali United. Namun Eko menyebut hal itu tak otomatis membuat posisi Delvin aman sebagai starter.

“Kami tentu melihat kebutuhan tim dan kekuatan lawan. Jadi butuh pendekatan berbeda di sejumlah laga,” ujarnya.

Tak Hanya Ronaldo, Pemain Italia Locatelli Juga Singkirkan Coca Cola

Media Officer Persis, Bryan Barcelona, mengklaim belum ada rencana merekrut gelandang baru untuk Liga 2 2021. Bryan menyebut stok gelandang saat ini sudah cukup proporsional. “Namun tak menutup kemungkinan ada tambahan apabila ada kebutuhan terkait taktikal.”



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago