SOLOPOS.COM - Setup Maccaroni (JIBI/SOLOPOS/Adib Muttaqin Asfar)

Solopos.com, SOLO — Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo, Jawa Tengah telah menyiapkan sejumlah hidangan tradisional dan kegemaran raja Solo untuk menjamu para delegasi dan tamu undangan Forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) Group of Twenty (G20).

Keraton Solo menjadi venue Welcome Dinner G20 pada Selasa (5/7/2022) sore. Tepatnya, di Sasana Andrawina kompleks Keraton Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Keraton Solo disebut-sebut tak hanya menghidangkan sederet makanan tradisional, tetapi juga makanan kegemaran raja. Salah satunya, setup makaroni. Rencananya setup makaroni disajikan sebagai makanan pembuka.

Hal itu disampaikan oleh Pengageng Kerja Sama Dalam dan Luar Negeri, R. Ay. Febri Dipokusumo seusai acara wilujengan pada Senin (4/7/2022) sore. Febri, sapaan akrabnya, mengatakan setup makaroni merupakan makanan kesukaan Pakubuwono XII.

Setup makaroni akan menjadi makanan pembuka saat Welcome Dinner sore nanti. “Untuk makanan pembuka setup makaroni itu kesukaan dari PB XII,” jelasnya.

Baca Juga : Komplit! dari Bistik Galantin hingga Sate Pentul, Sajian untuk Tamu G20

Bahkan, setup makaroni yang disajikan untuk tamu VIP saat Welcome Dinner akan diolah langsung oleh Gusti Ratu Alit, putri tertua mendiang Raja Keraton Surakarta Paku Buwono XII. “Jadi semua gusti-gusti mengolah dan memasak setup makaroni. Untuk tamu khusus nanti Gusti Ratu Alit mengolah sendiri setup makaroni. Jadi tidak untuk semua,” imbuh Febri.

Sajian kedua yang juga menjadi kesukaan raja Solo adalah bestik galantin. Makanan satu ini juga disebut-sebut merupakan kuliner khas Belanda zaman dulu. Bestik sering dihidangkan untuk menyambut tamu kerajaan.

“Bestik galantin juga termasuk kesukaan Sinuwun sekarang. Karena itu jadi bentuk orang barat biasa menyebut dengan bistik ya. Kalau kita lebih tradisional,” tuturnya.

Tak hanya dua menu tersebut Febri menyebut cokelat juga akan dihidangkan untuk para delegasi dan tamu undangan Forum TIIWG G20. Ia menyebut cokelat juga hidangan kesukaan raja. Febri mengatakan para raja di Kasunanan Solo mengonsumsi cokelat setiap hari. Nantinya, kata dia, para delegasi dan tamu Welcome Dinner akan disuguhkan cokelat truffle.

Baca Juga : Welcome Dinner G20 di Keraton Solo, KGPH Purboyo Akan Tampil

“Kemudian cokelat. Karena sinuwun suka mengonsumsi cokelat itu setiap hari. Itu wajib untuk para raja. Jadi kami sajikan cokelat truffle,” katanya.

Pemilihan sejumlah hidangan tersebut untuk Welcome Dinner TIIWG G20 di Keraton Solo ini rupanya memiliki alasan tersendiri. Menurut Febri, makanan yang disajikan mempunyai cerita dan makna. “Jadi intinya bahwa semua makanan yang disajikan ada cerita ada maksud kenapa kami memilih itu,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya