SOLOPOS.COM - Ilustrasi narkotika dan pengguna narkotika. (BNN Kota Batam)

Solopos.com, SOLO — Jaringan Reformasi Kebijakan Narkotika (JRKN) mengusulkan sekaligus mengenalkan skema intervensi kesehatan terhadap pengguna narkotika sebagai bentuk dekriminalisasi pengguna narkotika di Indonesia.

Konsep itu dikenalkan pada diskusi publik paparan rancangan undang-undang (RUU) narkotika rekomendasi JRKN pada Selasa (22/2/2022). Diskusi publik itu dihadiri Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Dekan Fakultas Hukum Unika Atma Jaya, dan wakil Rumah Cemara sebagai penanggap sekaligus wakil JRKN.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

JRKN terdiri atas ICJR, Rumah Cemara, Dicerna, IJRS, LBH Masyarakat, PKNI, PBHI, CDS, LGN, YSN, LeIP, WHRIN, Aksi Keadilan, PEKA, LBH Makassar, PPH Unika Atma Jaya, dan Yakeba.

Keterangan pers Instiute for Criminal Justice Reform (ICJR) menjelaskan latar belakang penyusunan rancangan undang-undang narkotika rekomedasi JRKN. Pada September 2021, setelah kebakaran Lapas Kelas IA Tangerang, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly menyebut UU Narkotika menjadi biang kerok kelebihan penghuni di rumah tahanan negara (rutan) dan lembaga pemasyarakatan (lapas) di Indonesia. Selengkapnya bisa dibaca di JRKN Kenalkan Dekriminalisasi Pengguna Narkotika dalam RUU Narkotika.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menerangkan skema phase out atau penghentian pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbahan bakar batu bara berdampak pada finansial PLN sekitar US$38 miliar atau setara Rp543 triliun dengan kurs Rp14.300 per US$1.

Direktur Bioenergi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Edi Wibowo, mengatakan dampak finansial tersebut diperkirakan berdasarkan revaluasi aset PLN pada akhir 2015.

Pada tahun itu sejumlah PLTU milik perusahaan setrum negara itu diperpanjang masa operasinya hingga 30 tahun tahun atau 40 tahun. Alhasil natural retirement dimulai pada 2046 hingga 2056. Informasi lengkap bisa dibaca di Penghentian PLTU Berdampak pada Keuangan PLN hingga Rp543 Triliun.

Warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah yang menolak penambangan batu andesit di desa mereka konsisten. Mereka berkukuh pada sikap yang mereka kemukakan sejak 2018.

Kedatangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Minggu (13/2/2022) lalu ke Desa Wadas tak mengubah sikap mereka. Saat itu Ganjar datang tanpa pengawalan. Ia datang setelah beberapa hari sebelumnya terjadi represi terhadap warga Desa Wadas, khususnya yang menolak penambangan batu andesit, oleh aparat kepolisian.

”Pak Ganjar datang ke Desa Wadas itu kan untuk meminta maaf kapada warga Desa Wadas.  Ya, kami memaafkan asalkan IPL [izin penentuan lokasi] penambangan batu andesit di desa kami dicabut,” kata Yatimah, seorang perempuan warga Desa Wadas pada diskusi daring Selasa (22/2/2022) malam. Kisah lengkap bisa dibaca di Alasan Warga Desa Wadas Penolak Tambang Batu Andesit Berkukuh.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi meluncurkan program revitalisasi bahasa daerah dalam lingkup merdeka belajar. Satuan pendidikan diminta memuat pelajaran bahasa daerah sebagai muatan lokal di jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah sebagai strategi merevitalisasi bahasa daerah.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, mengungkapkan salah satu penyebab punahnya bahasa daerah adalah karena para penutur tidak lagi mewariskan bahasa daerah kepada generasi berikutnya. Indonesia memiliki sekitar 718 bahasa daerah, banyak yang terancam punah. Informasi lengkap tersaji di Merdeka Belajar Menjaga dan Memberdayakan Bahasa Daerah.

Permintaan kedelai di China yang meningkat mengakibatkan harga kedelai di pasar global, harga kedelai di dunia, meningkat dan berdampak pada Indonesia yang harus mengeluarkan dana lebih untuk mencukupi kebutuhan pangan tersebut.

Kebutuhan kedelai Indonesia masih mengandalkan impor karena produksi lokal yang amat minim. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan China hari-hari ini memborong lebih dari 60% atau lebih dari 100 juta ton pasokan kedelai dunia untuk kebutuhan pakan ternak. Data lengkap bisa dibaca di China Borong 100 Juta Ton Kedelai Pangkal Harga Kedelai Dunia Naik.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya