SOLOPOS.COM - Ranu Asmoro dari Asmoro Decoration saat diwawancarai wartawan di Gedung Graha Saba Buana yang menjadi tempat pernikahan adik Jokowi, Selasa (24/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Gedung Graha Saba Buana (GSB) di Sumber, Banjarsari, Solo, yang akan menjadi lokasi pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua MK, Anwar Usman, didekorasi oleh Asmoro Decoration.

Jasa dekorasi itu pula yang dipakai saat pernikahan Gibran Rakabuming Raka-Selvi Ananda pada Juni 2015 lalu. Juga saat pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution pada November 2017.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ditemui wartawan di GSB, Selasa (24/5/2022), Ranu Asmoro, dari Asmoro Decoration, mengatakan secara umum konsep dekorasi pernikahan adik Jokowi itu adalah Jawa klasik.

Ekspedisi Mudik 2024

Hanya, ia menambahkan untuk detail-detail custom design-nya agak berbeda dibandingkan saat pernikahan Gibran-Selvi dan Kahiyang-Bobby. “Perbedaannya ya cuma pada gagasan untuk mengusung konsep berusaha menyatukan beberapa budaya jadi satu, itu saja,” ujar Ranu.

Sebelumnya, Ranu mengatakan mengenai dekorasi acara pernikahan itu ia sudah banyak berdiskusi dengan sang calon mempelai, Idayati. “Untuk konsepnya keseluruhan javanese classic, Jawa klasik. Cuma dari saya pribadi penginnya itu desain khusus Asmoro Decoration menjadi sebuah solusi terhadap permasalahan artistik,” ungkapnya saat ditemui di rumahnya, Colomadu, Karanganyar, Jumat (10/5/2022).

Baca Juga: Graha Saba Buana Solo Mulai Didekorasi Untuk Pernikahan Adik Jokowi

Konsep yang dia tawarkan yakni sebagai solusi harmoni kebudayaan daerah yang adiluhung yang disatukan dengan kekayaan budaya Nusantara yang penuh filosofi. Khusus pelaminan, Ranu mengatakan konsepnya model rumah limasan.

Lembur

Kemudian ada pergola atau gazebo, tumpang sari. “Hampir mirip dengan dekorasi pernikahan Mas Gibran dan Mbak Kahiyang,” ujarnya mengenai konsep pernikahan adik Jokowi tersebut.

Selain limasan, ada juga gunungan, janur, dan bunga. Gedung dibangun ambiens. Karena acaranya digelar siang hari di mana cahaya natural bisa mengganggu dekorasi, dinding dibuat warna hitam supaya ambiensnya tampak menarik dengan pencahayaan

Baca Juga: Pernikahan Adik Jokowi-Ketua MK, Ganjar Dapat Undangan? Ini Kata Rudy

Ranu mengatakan untuk persiapan dekorasi itu ia sudah mendapat pemberitahuan sejak sebulan sebelumnya. Ia pun mengerahkan tenaga sampai lembur untuk mempersiapkan material dekorasinya.

Seperti diketahui, pernikahan adik Jokowi, Idayati, dengan Ketua MK, Anwar Usman, akan berlangsung di Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Solo, Kamis (26/5/2022). KUA Banjarsari sudah menyiapkan penghulu untuk pernikahan tersebut. Ada sekitar 800 tamu yang diundang pada acara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya